Honda

9 Amalan yang Perlu Dilakukan pada Hari Jumat, yuk Diamalkan!

9 Amalan yang Perlu Dilakukan pada Hari Jumat, yuk Diamalkan!

9 amalan yang perlu dilaksanakan pada hari jumat--

BACA JUGA:Ashoka Tano Kembali Hadir dalam Serial Terbaru Star Wars: Ashoka

3. Bersiwak 

Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya tidak memberatkan atas umatku atau tidak memberatkan manusia, aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali shalat.” (HR. Bukhari, no. 887).

Rasulullah sangat menganjurkan untuk bersiwak. Senantiasa kita mencontoh amalan hari Jumat ini dengan konsisten yaitu bersiwak sebelum melakukan ibadah.

4. Bergegas berangkat shalat Jumat 

BACA JUGA:Inflasi Terkendali, Bank Indonesia Pertahankan B17DRR Sebesar 5,75 Persen

‘’Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.’’ (QS. Al-Jumuah: 9).

Allah SAW telah berfirman agar kita melaksanakan shalat jumat dan bergegas melaksanakannya, sebagaimana Rasulullah yang seringkali mencontohkan agar bergegas lebih awal mendatangi masjid sebelum shalat Jumat.

5. Meninggalkan atau menunda jual beli terlebih dahulu

Rasulullah SAW mengajarkan agar umat Muslim menjauhi segala jenis aktivitas dunia yang sifatnya mengganggu dan menghalangi ibadah pada hari Jumat. Oleh karena itu, dianjurkan untuk meninggalkan pekerjaan atau urusan dunia sejenak agar fokus melaksanakan ibadah shalat Jumat. Hal ini sudah dijelaskan oleh Allah SWT  pada surah Al-Jumuah ayat 9 sebagai pengingat kita agar lebih fokus beribadah.

BACA JUGA:5 Daerah Dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Sumatera Selatan, Bukan Lubuklinggau Juaranya, Justru Kota Ini  

6. Memperbanyak membaca shalawat

“Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56)

Allah SWT menganjurkan umat-Nya agar bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai hamba yang taat kepada Allah, senantiasa kita menjalankan perintah dari Allah SWT agar terus membaca shalawat kepada Rasulullah. 

Sebagaimana hadits yang menjelaskan pentingnya bershalawat di hari Jumat: “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat, karena shalawat umatku disampaikan kepadaku setiap hari Jumat, barang siapa dari kalian paling banyak membaca shalawat kepadaku, ia adalah orang yang dekat kedudukannya denganku.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: