Honda

Cek Daerahnya di Sini! Bansos PKH Tahap 3 Cair di Bank Ini

Cek Daerahnya di Sini! Bansos PKH Tahap 3 Cair di Bank Ini

Cek Daerahnya di Sini! Bansos PKH Tahap 3 Cair di Bank Ini--doc palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Bansos PKH Tahap 3 Cair, Ini Daftar Daerahnya!.

Ayo segera cek saldo KKS sekarang juga bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Karena Bansos PKH tahap 3 ini akan di cairkan lewat bank ini saja lho.

Namun sebelum itu kamu harus mengecek telebih dahulu daerah kamu masuk dalam pencairan atau belum.

BACA JUGA:CEK SALDO KKS! Bansos PKH Tahap 3 Sudah Cair di Bank Ini, Ini Daftar Daerahnya

Para KPM sudah bisa cek saldo KKS, karena Bansos PKH tahap 3 sudah mulai dicairkan oleh Bank Himbara. 

Kementerian Sosial (Kemensos) RI sudah menerbitkan SP2D dan nama-nama penerima bansos PKH untuk Tahap 3 beserta Lembaga penyalurannya.

Pada penyaluran Bansos PKH tahap 3 termin 3 ini semua Lembaga bayar yaitu PT Pos, dan Bank Himbara akan menyalurkan dana bantuan kepada KPM. 

Untuk itu, para KPM harap bersiap ya dan bisa mulai mengecek saldo ke mesin ATM terdekat maupun agen bank yang mudah dijangkau. 

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Bansos BPNT Tahap 4 Juli-Agustus Rp400.000 Cair, Pastikan Namamu di Link Cek Bansos!

Pastikan kartu KKS Merah Putihnya juga dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Meskipun begitu, ada informasi penting jika pada proses pencairan kali ini terutama bagi lewat KKS Bank Himbara terdapat pergeseran periode salur yaitu hanya disalurkan untuk alokasi 2 bulan (Juli-Agustus). 

Berikut cara menghitung bantuan yang diterima KPM PKH yang pencairannya melalui KKS Bank Himbara berdasarkan komponen masing-masing yang dimiliki: 

 

Komponen Kesehatan meliputi:

- Ibu hamil dan Balita 0-6 jika pada tahap sebelumnya menerima bantuan sebesar Rp750.000 per triwulan, maka pada tahap 3 ini bantuan yang diterima Rp500.000 per 2 bulan dengan akumulasi bantuan Rp3.000.000 per tahun. 

BACA JUGA:Cair Awal September! Bansos BPNT Rp600 Ribu Siap Masuk Rekening KPM

Komponen Kesejahteraan Sosial meliputi: 

- Disabilitas dan Lanjut usia (Lansia) yang sebelumnya mendapatkan alokasi bantuan untuk periode 3 bulan sebesar Rp600.000, maka pada tahap ini mendapat bantuan sebesar Rp400.000  per KPM, dengan total bantuan yang diterima Rp2.400.000 per tahun. 

 

Komponen Pendidikan meliputi: 

- Anak usia sekolah Dasar jika tahap sebelumnya menerima bantuan Rp225.000 per tahap, maka tahap ini hanya memperoleh alokasi 2 bulan Rp150.000 per KPM dengan total bantuan Rp900.000 per tahun

- Anak usia Sekolah Menengah Pertama jika ditahap sebelumnya menerima alokasi bantuan Rp375.000 pada tahap ini mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp250.000 (Juli-Agustus) dengan total Rp1.500.000

- Anak usia Sekolah Menengah Atas, bantuan PKH yang diterima pada tahap 3 ini hanya sebesar Rp333.333 dari sebelumnya menerima bantuan sebesar Rp500.000 per KPM dengan total per tahun Rp2.000.000. 

 

Lalu mengapa ada perbedaan pencairan pada tahap ini?

Mekanisme penyaluran bisa saja berubah setiap tahapnya tergantung kebijakan pemberi bantuan sosial dalam hal ini Kemensos RI.

Kemensos tentu sudah memiliki perhitungan yang matang dalam hal penyaluran bantuan. 

Namun para KPM tidak perlu khawatir karena menerima hanya 2 bulan penyaluran pada tahap kali ini, karena sejatinya bantuan akan diakumulasikan di pencairan berikutnya.

Para KPM tetap akan mendapatkan bantuan sesuai yang ditetapkan oleh Kemensos. 

Jadi jumlahnya tetap sama per tahunnya.

Para KPM tetap menerima haknya sesuai apa yang dianggarkan oleh  Kemensos

Memang, pada SP2D PKH Tahap 3 termin 3 ini semua bank penyalur telah mengeluarkan BNBA, namun terpantau baru satu bank yang mulai melakukan pencairan. 

Bank Mandiri terpantau telah melakukan pencairan kepada KPM di wilayah Lampung Timur, Garut, Kota Bumi Lampung, Tungkal Jambi, Jember Jawa Timur, Indragiri Jawa Timur, Kediri dan Banyumas. 

Namun tidak menutup kemungkinan daerah dan bank penyalur lainnya sudah memulai proses pencairan kepada KPM. 

Mengingat proses transfering di  masing-masing bank berbeda jadwalnya. 

Daerah yang mencairkan lewat Mandiri akan merata di seluruh Indonesia bagi yang ada namanya masuk dalam daftar SP2D Tahap 3 termin 3 ya. 

Sementara untuk pecairanya melalui PT Pos, berdasarkan pantauan di SIKS-NG  mekanismenya tertera triwulan 3 maka akan cair per 3 bulan begitu juga dengan Bantuan BPNT juga akan disalurkan untuk periode Juli-September 2023. 

PT Pos terlebih dahulu mengeluarkan daftar nominatif setelah itu baru mencetak undangan dan menyalurkannya kepada KPM yang menerima bantuan PKH tahap 3 termin 3 ini. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: