Honda

SALUT! Meski Hari Libur, Pj Bupati Apriyadi Tetap Lakukan Ini

SALUT! Meski Hari Libur, Pj Bupati Apriyadi Tetap Lakukan Ini

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud saat menjajal kendaraan bermotor roda tiga, yang merupakan bantuan pihaknya untuk UMKM di Sungai Lilin.-Dinkominfo Muba-

SUNGAI LILIN, PALPRES.COM - Meski tidak di hari kerja, Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi Mahmud melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan SUNGAI LILIN, dalam rangka menyerahkan bantuan bagi pelaku UMKM tahun 2023. 

Kunker Pj Bupati Muba di Desa Mekar Jadi Kecamatan Sungai Lilin, Sabtu 26 Agustus 2023.  

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muba H Irwan Syazili SSos MSi, memberikan laporan terkait program pengembangan UMKM tahun 2023 ini melalui APBD-induk.

Menurut Irwan, program tersebut dalam bentuk bantuan berupa sarana dan prasarana sebesar Rp1.077.462.500 untuk Kecamatan Sungai Lilin melalui program prioritas Dinas Koperasi dan UKM berupa bantuan peralatan kuliner untuk UMKM sebanyak 20 pelaku UMKM dan program pokir DPRD Kabupaten Muba.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Ada BLT Rp1.500.000 Cair Awal September Ini, Begini Cara Pengajuannya

"Adapun bantuan yang akan disalurkan di Kecamatan Sungai Lilin yakni bantuan mesin isi ulang air minum  sebanyak 1 UMKM, bantuan mesin pencetak batu bata  sebanyak 1 UMKM, bantuan pengadaan peralatan bengkel motor sebanyak 1 UMKM.

Lalu, bantuan pengadaan kendaraan roda tiga sebanyak 2 UMKM, bantuan kendaraan roda tiga sebanyak 3 UMKM dan bantuan peralatan pres batako sebanyak 1 UMKM,"bebernya.

Lanjutnya, kemudian pada APBD-perubahan tahun 2023 adanya penambahan program/ kegiatan pokir DPRD bantuan UMKM sebanyak 32 jenis bantuan dengan jumlah total sebesar Rp 1.973.904.029.

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan dan merealisasikan secara khusus program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), diantaranya untuk pemulihan UMKM. 

BACA JUGA:Ayo! Buruan Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSUD Sekayu

Berbagai dukungan pembiayaan juga diberikan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Subsidi Bunga non-KUR, dan penjaminan kredit modal kerja. 

"Lebih lanjut, pada tahun 2023 telah dialokasikan anggaran yang cukup besar, yang diantaranya dialokasikan untuk melanjutkan pemberian dukungan bagi UMKM,"ucapnya.

Apriyadi juga mengingatkan bahwa di era digital ini, sudah selayaknya merubah paradigma bahwa tidak bisa membendung arus teknologi.

Oleh sebab itu dirinya mengajak semua UMKM dan para pembina untuk saling bahu membahu untuk memberikan dukungan kepada masyarakat, untuk selalu berinovasi dan berkreatifitas belajar memanfaatkan atau menggunakan teknologi yang telah tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba