Honda

Timnas Indonesia Diminta Absen di Seluruh Turnamen AFF, Gegara Ini

Timnas Indonesia Diminta Absen di Seluruh Turnamen AFF, Gegara Ini

Timnas Indonesia diminta absen di seluruh turnamen AFF apabila pemain Vietnam yang menghantam bek Timnas Indonesia U-23, Haykal Alhafiz, tak disanksi oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).-pssi.org-

JAKARTA, PALPRES.COMTimnas Indonesia diminta mempertimbangkan untuk tidak ikut serta lagi pada Piala AFF apabila pemain Vietnam yang menghantam bek Timnas Indonesia U-23, Haykal Alhafiz, tak disanksi oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

Terjadi sejumlah insiden dalam laga final Piala AFF U-23 2023, yang mempertemukan Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di Rayong Province Stadium, Rayong, Sabtu 26 Agustus 2023 malam WIB.

Bek Vietnam U-23, Nguyen Hong Phuc, melakukan tindakan berbahaya kepada Haykal Alhafiz.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Kalah Adu Penalti dari Vietnam di Final Piala AFF U-23, STY Ungkap Penyebabnya

Nguyen Hong Phuc mengayunkan sikutnya ke kepala Haykal Alhafiz pada menit ke-113. 

Akibat aksi tidak sportif itu, pemain asal PSIS Semarang tersebut sampai harus mendapatkan perawatan dari tim medis Timnas Indonesia U-23.

Anehnya, wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara, tidak memberikan kartu untuk aksi bengis dari Nguyen Hong Phuc tersebut.

"Jika pemain ini tidak disanksi oleh AFF, Timnas Indonesia harus bersuara dan mempertimbangkan untuk tidak terlibat lagi dalam turnamen AFF," tulis Achsanul dalam akun Instagramnya, @achsanul.qosasi, Minggu 27 Agustus 2023.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Siap Hadapi Vietnam di Final Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong Optimis Menang!

"Setelah melanggar, mestinya dia mendatangi Haykal dan menunjukkan respeknya," ujar pria yang juga anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tersebut.

Bila memutuskan untuk menarik diri dari turnamen naungan AFF, maka Timnas Indonesia tidak akan berpartisipasi di Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-23, dan Piala AFF senior.

Namun, Timnas Indonesia masih dapat berkancah di turnamen skala Asia Tenggara (ASEAN) yang lain, seperti SEA Games mengingat kejuaraan itu bukan di bawah AFF.

Timnas Indonesia U-23 gagal menjuarai Piala AFF U-23 2023 setelah takluk 5-6 dari Vietnam U-23 melalui babak adu penalti usai bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: