Honda

4 Jenis Permainan atau Perlombaan Burung Merpati, Nomor 3 Paling Digemari

4 Jenis Permainan atau Perlombaan Burung Merpati, Nomor 3 Paling Digemari

Salah satu jenis permainan atau perlombaan burung merpati yang paling digemari--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Di beberapa daerah besar seperti pulau Jawa dan Sumatera ada beberapa jenis permainan burung merpati yang bisa ditemukan, meski semuanya sama di adu kecepatan terbangnya tetapi ada perbedaan peraturan diantara permainan merpati tersebut, berikut 4 permainan atau perlombaan dalam burung merpati, yuk disimak!

1. Permainan Merpati Balap Sprint

Merpati balap sprint adalah permainan merpati yang mana burung diadu kecepatan terbangnya secara lurus dengan jarak lepasan mulai dari jarak pendek 300-500, jarak sedang 500-700, jarak jauh 700-1200 Meter.

Cocok dilakukan diarea yang luas dan biasanya area sawah, pinggir pantai, atau lapangan udara. Jarak lepasan dan geberan biasanya saling berhadapan lurus, atau masih saling bisa melihat antara joki geber dan pelepas. Merpati balap sprint ini Ibarat lari sprint pada pada cabang olahraga, peraturan sederhananya burung yang lebih dahulu sampai nempel ke betina/ditangkap joki dialah yang menang (tidak jatuh atau jeblos).

BACA JUGA:Pesona Keindahan dan Fakta Menarik Bunga Lantana, Simbol Warna-warni Dunia

2. Permainan Merpati Tomprang

Merpati tomprang termasuk kedalam jenis merpati tinggi. Perbedaanya dengan merpati kolong yaitu jarak lepasang dan patek tempat gebernya, pada permainan merpati tomprang tidak terdapat tiang atau tali, melainkan hanya area geber untuk mendarat burung (seperti merpati balap hanya lebih luas areanya).

Jarak lepasan juga cukup jauh lebih dari 2km atau sekitar 4-7km tergantung sikon, peraturan sederhananya siapa yang lebih dahulu sampai patek (tanah) dialah yang menang. Ini ibarat burung balap tapi dengan jarak lepasan yang cukup jauh, burung merpati tomprang sangat populer bagi masyarakat di pulau Sumatera khususnya di Sumatera Selatan karena sangat mudah untuk menemukan tempat bermain burung merpati tomprang.

3. Permainan Merpati Kolong Bebas

BACA JUGA:4 Koleksi Benda Bersejarah di Museum Perjuangan Subkoss Kota Lubuklinggau yang Wajib Diketahui, Yuk Disimak!

Merpati kolong termasuk kedalam jenis merpati tinggi merpati kolong bebas yaitu burung merpati yang diadu terbangnya diketinggian baik kecepatan maupun manuver terbangnya.

Dalam permainan burung merpati kolong bebas ini terdapat empat tiang yang terdapat tali yang berbentuk segi empat diatasnya yang mana merpati datang sebisa mungkin harus melalui tengah dari segi empat tersebut atau disebut kolong. Merpati kolong bebas harus terjun langsung ke dasar lantai yang sudah di disain menggunakan busa agar burung tidak cidera saat mendarat.

Peraturan burung merpati kolong bebas sederhana burung yang terlebih dahulu sampai menyentuh dasar atau tanah dan berhasil melewati tali kolong diatas dialah yang menang, jarak lepasan merpati kolong berkisar antara 1-2 km, lepasan dan patek atau kolongnya biasanya tidak saling terlihat. Cocok dimainkan ditempat yang terbatas luas wilayahnya seperti diperkotaan.

Burung merpati kolong bebas saat ini sangat populer di daerah Jawa dan sumatera apalagi harga burungnya yang fantastik membuat pencinta merpati kolong sangat di gandrungi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: