Honda

Masuk Deretan TOP QS WUR 2024, Ini Dia 10 Jurusan Kuliah Paling Favorit di Universitas Negeri Malang

Masuk Deretan TOP QS WUR 2024, Ini Dia 10 Jurusan Kuliah Paling Favorit di Universitas Negeri Malang

Masuk Deretan TOP QS WUR 2024, Ini Dia 10 Jurusan Kuliah Paling Favorit di Universitas Negeri Malang--sumber: Universitas Negeri Malang

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada sejumlah jurusan paling favorit di Universitas Negeri Malang.

Beberapa jurusan kuliah tersebut memiliki jumlah peminat yang melonjak dari tahun ke tahun.

Tak heran, karena UM merupakan kampus yang cukup bergengsi di Indonesia, bahkan pernah meraih peringkat di QS WUR 2024 pada urutan ke-1401+.

Selain itu, UM juga memiliki sarana dan prasarana dalam segi fasilitas dan kualitas pendidiknya yang terbilang baik.

BACA JUGA:4 PTN dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia versi Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Dengan letak kampus yang strategis, di sekitar UM banyak fasilitas publik, terutama hiburan, yang tersedia sehingga memudahkan mahasiswa untuk refreshing sepulang kuliah.

Maka dari itu, di berbagai seleksi tes masuk UM juga diminati oleh banyak pelajar yang ingin menempuh perguruan tinggi, baik diari dalam kota maupun dari luar kota.

Dengan demikian, hal itu menjadikan beberapa jurusan di UM memiliki peminat yang melonjak tiap tahunnya seperti yang ditujukkan oleh Sistem Informasi Daya Tampung (SIDATA) 2023.

Kuota daya tampung dan jumlah peminat di Perguruan Tinggi (PT) menjadi pertimbangan para calon mahasiswa dalam mendaftar di jurusan tersebut.

BACA JUGA:7 Jurusan Kuliah Ini Ternyata Banyak Mahasiswa Drop Out, Ada di Kampus QS WUR 2024, Kenapa Ya?

Karena semakin banyak jumlah peminat pada suatu jurusan, maka peluang untuk masuk di jurusan yang sama akan sangat sedikit.

Sementara itu, setiap Perguruan Tinggi (PT) pasti memiliki daya tampung dan jumlah peminat yang berbeda-beda.

Dilansir dari laman resmi SIDATA 2023, berikut 10 jurusan yang menjadi favorit para pelajar di Universitas Negeri Malang (UM).

1. Psikologi

BACA JUGA:Jurusan IPA Milik Prospek Kerja Menjanjikan, Tersedia di Kampus Terbaik Indonesia versi QS WUR 2024

Jurusan Psikologi dengan jenjang Sarjana di UM pada tahun 2023 memiliki daya tampung 96 kursi, tetapi hal ini tidak sebanding dengan jumlah peminat yang berjumlah 2.610.

2. Manajemen

Begitu pula di posisi kedua yang diduduki oleh Jurusan Manajemen Jenjang Sarjana yang memiliki daya tampung 84 kursi, tetapi peminatnya berjumlah 2.487 orang.

3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

BACA JUGA:Jurusan Anak IPS Sepi Peminat Tapi Prospek Kerja Menjanjikan, Ada di PTN Terbaik QS WUR 2024

Masih banyak para pelajar yang kelak ingin menjadi tenaga pendidik di masa depan, terbukti dengan peminat di Jurusan PGSD UM berjumlah 1.452 orang.

Sedangkan daya tampungnya hanya berjumlah 108 kursi.

4. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Berikutnya, ada Jurusan Kesehatan Masyarakat jenjang Sarjana yang memiliki jumlah peminat 1.387 dengan daya tampungnya hanya 72 kursi di tahun 2023.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Favorit di Universitas Binus, Kampus Swasta Terbaik Versi QS WUR 2024!

5. Teknik Informatika

Di era digital yang semakin maju seperti sekarang, Jurusan Teknik Informatika juga menjadi jurusan favorit di UM dengan jumlah peminat 1.279 orang. Sementara itu, daya tampungnya hanya 24 kursi.

6. Akuntansi

Jenjang Sarjana Jurusan Akuntansi juga masuk dalam deretan jurusan terfavorit di UM. Jumlah peminatnya ada sekitar 1.073 orang, sedangkan daya tampungnya hanya berjumlah 69 kursi.

BACA JUGA:5 Jurusan untuk Kamu Si Paling Entrepreneur, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

7. Bahasa dan Sastra Inggris

Meskipun banyak kampus lain yang menyediakan jurusan ini, jumlah peminat Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di UM juga tak kalah melonjak dengan berjumlah 816 orang, sedangkan daya tampungnya adalah 27 kursi.

8. Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya, ada Jurusan Bimbingan Konseling jenjang Sarjana yang juga memiliki jumlah peminat sekitar 807 orang, sedangkan daya tampungnya hanya berjumlah 48 kursi di tahun 2023.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Banyak Diminati di Indonesia, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024!

9. Desain Komunikasi Visual

Menjadi jurusan yang paling dikinati oleh pecinta seni, DKV di UM mempunyai jumlah peminat 799 orang dengan daya tampung 48 kursi.

10. Pendidikan Administrasi Perkantoran

Terakhir, Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran juga menjadi jurusan favorit dengan jumlah peminat 734 orang, sementara daya tampungnya hanya berjumlah 36 kursi.

BACA JUGA:6 PTN yang Memiliki Sekolah Vokasi di Indonesia, Deretan Kampus QS WUR 2024!

Nah itulah beberapa jurusan favorit di UM yang bisa jadi pertimbangan untuk kamu mendaftar, baik dengan seleksi tes nasional maupun mandiri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: