Honda

10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Airlangga, Kampus TOP QS WUR 2024!

10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Airlangga, Kampus TOP QS WUR 2024!

10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Airlangga, Kampus TOP QS WUR 2024!--sumber: Universitas Airlangga

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada sejumlah jurusan terfavorit di Universitas Airlangga (UNAIR) dengan jumlah peminat yang melonjak dari tahun ke tahun.

Tak mengherankan, karena UNAIR menjadi kampus yang cukup diminati di Indonesia, bahkan UNAIR meraih peringkat di QS WUR 2024 tertinggi setelah UI dan UGM pada urutan ke-345 di dunia.

Hal itu disebabkan oleh pihak UNAIR yang juga menyediakan fasilitas dan kualitas pendidiknya yang terbilang baik, salah satunya yaitu memiliki rumah sakit sendiri.

Dengan letak kampus yang cukup luas, UNAIR memiliki rumah sakit sebagai tempat untuk para mahasiswa kesehatan mengembangkan kemampuan mereka.

BACA JUGA:Masuk Deretan TOP QS WUR 2024, Ini Dia 10 Jurusan Kuliah Paling Favorit di Universitas Negeri Malang

Makanya, di seleksi tes masuk manapun UNAIR juga diminati oleh banyak pelajar yang ingin menempuh perkuliahan, baik dari dalam kota maupun dari luar kota.

Dengan demikian, hal itu menjadikan beberapa jurusan di UNAIR memiliki peminat yang melonjak tiap tahunnya seperti pada data dari Sistem Informasi Daya Tampung (SIDATA) 2023.

Maka dari itu, kuota daya tampung dan jumlah peminat di Perguruan Tinggi (PT) dapat berperan sebagai pertimbangan para calon mahasiswa sebelum mendaftar di jurusan tersebut.

Karena, semakin banyak jumlah peminat di jurusan yang sama, maka peluang untuk masuk di jurusan tersebut akan sangat sulit.

BACA JUGA:4 PTN dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia versi Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Sementara itu, setiap Perguruan Tinggi (PT) pasti menyediakan daya tampung yang berbeda-beda, bahkan jauh dari angka jumlah peminatnya.

Dilansir dari laman resmi SIDATA 2023, berikut 10 jurusan yang menjadi favorit para calon mahasiswa di Universitas Airlangga.

1. Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum Jenjang Sarjana di UNAIR menjadi jurusan paling favorit di urutan pertama.

BACA JUGA:7 Jurusan Kuliah Ini Ternyata Banyak Mahasiswa Drop Out, Ada di Kampus QS WUR 2024, Kenapa Ya?

Dengan memiliki peminat yang berjumlah 1652 orang, UNAIR menyediakan daya tampung yang hanya berjumlah 105 kursi di tahun 2023.

2. Kedokteran

Begitu pula dengan Jurusan Kedokteran yang berada di di posisi kedua yang memiliki daya tampung 90 kursi, tetapi peminatnya berjumlah 3.150 orang.

3. Manajemen

BACA JUGA:Jurusan Anak IPS Sepi Peminat Tapi Prospek Kerja Menjanjikan, Ada di PTN Terbaik QS WUR 2024

Lalu, Jurusan Manajemen jenjang Sarjana di UNAIR juga demikian, memiliki jumlah peminat sebanyak 1.537 sedangkan daya tampungnya hanya berjumlah 90 kursi.

4. Farmasi

Seperti halnya Jurusan Kedokteran, Jurusan Farmasi juga memiliki jumlah peminat yang tinggi, yakni sekitar 1.873 dengan daya tampung 84 kursi di tahun 2023.

5. Kedokteran Gigi

BACA JUGA:Jurusan IPA Milik Prospek Kerja Menjanjikan, Tersedia di Kampus Terbaik Indonesia versi QS WUR 2024

Kemudian, Jurusan Kedokteran Gigi juga menjadi jurusan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa dengan jumlah 1.431 peminat dan daya tampung 75 kursi.

6. Psikologi

Berikutnya, ada jurusan yang paling diincar banyak pelajar di Indonesia, yakni Jurusan Psikologi.

Bahkan di UNAIR memiliki jumlah sekitar 1.965 peminat dengan daya tampung yang hanya sebanyak 75 kursi di tahun 2023.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Favorit di Universitas Binus, Kampus Swasta Terbaik Versi QS WUR 2024!

7. Akuntansi

Seolah menjadi Jurusan yang paling diincar banyak orang, Akuntasni jenjang Sarjana di UNAIR juga memiliki daya saing yang sangat ketat dengan jumlah peminat sebanyak 936 orang dan daya tampung 75 kursi.

8. Bahasa dan Sastra Inggris

Di posisi kedelapan, ada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang memiliki jumlah peminat sebanyak 762 orang dengan daya tampung 75 kursi di tahun 2023.

BACA JUGA:5 Jurusan untuk Kamu Si Paling Entrepreneur, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

9. Kedokteran Hewan

Seperti beberapa jurusan kesehatan sebelumnya, Kedokteran Hewan UNAIR juga memiliki jumlah peminat yang tinggi, yakni berjumlah 849 orang dan daya tampung 72 kursi.

10. Kesehatan Masyarakat

Terakhir, ada Jurusan Kesehatan Masyarakat yang masuk dalam daftar jurusan terketat di UNAIR dengan  1.556 peminat dan daya tampung yang hanya sebanyak 72 kursi.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Banyak Diminati di Indonesia, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024!

Nah itulah 10 jurusan favorit di Universitas Airlangga yang dapat menjadi pertimbangan bagi kamu mendaftar di tahun depan, baik dengan seleksi tes nasional maupun mandiri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: