Honda

Polusi di Jakarta Apa Solusinya? Ini Kata Pakar Perkotaan Hadi Sucahyono

Polusi di Jakarta Apa Solusinya? Ini Kata Pakar Perkotaan Hadi Sucahyono

Ilustrasi --Freepik

BACA JUGA:Sebaiknya Anda Tahu, ternyata Bunga Kembang Sepatu Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan loh!

“Transjakarta juga tersambung dengan jalur sepeda dan disediakan areal yang bebas polusi,” tuturnya. 

3. Uji Emisi Diperketat dengan Penerapan Hukum Termasuk Sistem Penyaringan di Perusahaan-perusahaan

Uji emisi perlu diperketat, sehingga bila melebihi emisi yang ditetapkan pemerintah, dapat diberikan sanksi dan ini perlu dilakukan penerapan hukum dengan tegas. 

Bila tidak diterapkan dengan sungguh-sungguh, akan berdampak pada peningkatan polusi udara. 

BACA JUGA:Kolektor Cari Koin Kuno Rp500 Melati Ciri Ini, Dijamin Untung Besar

Hal ini juga terkait perusahaan terutama di kawasan industri yang belum memiliki sistem penyaringan asap buangan pabrik. 

Anggota Advisory Board Jurusan PWK ITB itu pun mengatakan, manajemen transportasi di luar negeri dapat ditiru, yakni memberikan rasa nyaman penduduk dengan menyediakan transportasi publik hingga ke permukiman penduduk. 

Kemudian frekuensi MRT, LRT, dan Bus Rapid Transit (BRT) seperti Transjakarta ditingkatkan, agar masyarakat tidak menunggu terlalu lama ketika hendak bepergian dengan menggunakan transportasi umum tersebut. 

Beberapa hal tersebut perlu benar-benar diterapkan, agar masyarakat dapat mau beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

BACA JUGA:Tanaman Hias Ini Unik, Daunnya Mirip Keju Swiss, Buahnya Bisa Dimakan

Selain itu juga perlu diperluas jalur khusus sepeda, yang menghubungkan permukiman penduduk dengan stasiun/perhentian transportasi publik itu.  

Jadi masyarakat bisa menggunakan sepeda untuk menjangkau stasiun/perhentian transportasi publik, dan memarkir sepeda di tempat tersebut. 

Kemudian, setiap lokasi stasiun/perhentian MRT dan LRT bisa dikembangkan menjadi lokasi Transit Oriented Development (TOD) yang juga menghidupkan perekonomian kita. 

Dengan demikian, sustainability kota tercapai untuk memenuhi kebutuhan lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi kota yang baik, untuk masa kini dan masa depan kota. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: