Honda

Jarak ke Jambi Hanya 3 Jam, Jalan Tol Terpanjang di Palembang Segera Dibuka

Jarak ke Jambi Hanya 3 Jam, Jalan Tol Terpanjang di Palembang Segera Dibuka

Ilustrasi jalan tol terpanjang di Palembang. Jarak ke Jambi bakal hanya 3 jam apabila jalan tol ini resmi dibuka. -Alhadi Farid/Palpres.com-

BACA JUGA:Ini loh 4 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, yuk Disimak!

Pembangunan jembatan dan jalan tol ini menghubungkan Jambi dan Palembang dalam waktu perjalanan lebih singkat.

Kalau jalan tol ini rampung, maka jarak Palembang-Jambi hanya 3 jam saja.

Jembatan Musi 5, yang melintasi sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan, akan menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia.

Pembangunannya sudah mencapai progres 60 persen dan diharapkan akan selesai pada akhir tahun ini.

BACA JUGA:Bangun Jalan Tol Kedua di Kalimantan, Panjangnya 68 Kilometer, Lokasinya Disini

Hingga saat ini, progres pembangunan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung sudah sampai di tahap II dengan persentase 58,91 persen.

Tahap II pembangunan jalan tol yang melalui sungai terpanjang di Sumatera Selatan ini dimulai dari Kramasan-Musi Landas-Betung.

Bagian dari jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang berupa Jembatan Musi 5 hingga saat ini masih belum ada progres signifikan.

Masih banyak crane besar di area pembangunan dan beberapa pondasi besar di tengah sungai sebagai penyokong Jembatan Musi 5.

Tampak pula beberapa girder yang nantinya akan dipasang pada masing-masing bagian ujung jembatan yang menjadi bagian dari jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung.

Jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung sendiri rencananya akan memiliki panjang yang mencapai 111,7 kilometer.

Dilansir dari Inibengkulu.com, pembangunan jembatan tol ini dimulai pada tahun 2020 dan memakan dana sebesar Rp22,16 triliun.

Jembatan ini akan memiliki 7 simpang susun, yaitu simpang susun SP Padang, Pangkalan Balai, Jejawi, Kramasan, Pulai Rimo, Gandus, dan Sungai Rengas.

Proyek ini menggunakan balance cantilever untuk bagian bawahnya karena akan dilewati oleh kapal-kapal yang melintasi Sungai Musi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: