Honda

Sebaiknya Anda Tahu, Ini Asal Usul 3 Jenis Batu Akik Bacan

Sebaiknya Anda Tahu, Ini Asal Usul 3 Jenis Batu Akik Bacan

Asal-usul tiga jenis batu akik bacan--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Bagi anda pecinta dan kolektor batu akik nusantara pasti sudah sangat familiar dengan 3 jenis batu akik bacan.

Ya, pada konten berikut ini kita akan membahas tentang asal-usul dan jenis batu akik bacan, yuk dibaca sampai habis ya! 

Sebagian masyarakat Indonesia, khususnya para pencita dan kolektor batu akik sudah memahami batu akik jenis bacan anda tiga jenis, yaitu batu akik bacan obi, batu akik bacan palamea dan batu akik bacan doko.

1. Batu Bacan Obi

BACA JUGA:Rahasia Cepat Dapat Saldo DANA Gratis Rp300.000, 1 Menit Langsung Cair ke Dompetmu

Selain Batu Bacan Doko dan Palamea masih ada jenis batu bacan hobi dinamakan Batu Bacan Obi karena ditemukan di Pulau Obi, warna batu bacan obi ini bermacam-macam seperti merah, kuning, biru dan warna-warna lain, dan ciri khas utama dari batu akik ini adalah warnanya yang bening atau tembus pandang, berbeda dengan dua jenis sebelumnya yaitu Doko dan Palamea yang harus berproses sebelum menjadi Kristal. 

Batu Bacan Obi tidak memerlukan hal tersebut oleh sebab itu batu Ini juga menjadi barang buruan pecinta batu akik, walaupun bukan merupakan Batu hidup karena tidak bisa berubah lagi, kelebihan lain yang dimiliki Batu Obi ini adalah tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding jenis lainnya, sehingga lebih tahan banting dan Karena harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan Batu Bacan Doko dan Palamea, jadi tidak heran jika Batu bacan Obi sangat digemari para pecinta batu akik. 

2. Batu Bacan Palamea

Jenis batu bacan yang berikutnya adalah Batu Bacan Palamea satu hal yang menjadi pembeda antara dua jenis batu ini adalah warna yang dihasilkan, jika batu cincin bacan doko berwarna lebih tua baik hijau ataupun warna lainnya, maka jenis batu cincin Bacan Palamea ini berwarna lebih muda, mengapa demikian dalam Batu Bacan Palamea masih mengandung banyak kapur, karena memang batu ini masih muda.

BACA JUGA:Kembali Hadir dengan Versi Terbaru! Serial ‘Pernikahan Dini’ Siap Temani Kamu Mulai 23 September 2023  

Batu Bacan Palamea hanya memiliki satu warna saja, yaitu hijau kebiruan berbeda dengan bacaan doko yang memiliki banyak varian warna Batu Bacan Palamea ditemukan di Desa Palamea yang letaknya tidak terlalu jauh dari Desa doko asal batu bacan doko batu. 

Bacan Palamea juga memiliki kemampuan untuk berubah menjadi kristal, tapi karena mengandung kapur sehingga membutuhkan waktu lebih lama dibanding dengan Batu Bacan Doko, di mana Batu Bacan Palamea berwarna lebih cerah karena memiliki kandungan kapur.

3. Batu Bacan Doko

Batu Bacan Doko diberi nama Doko karena berasal dari daerah doko yang berada di Halmahera Selatan Maluku Utara, tidak sedikit juga pecinta batu akik yang menyebut batu bacan doko dengan nama batu bacan cincau karena batu akik ini memiliki warna yang hijau tua kehitam-hitaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: