Honda

Bagaimana Berdoa Ketika Sedang Sujud? Begini Penjelasan Ustad Abdul Somad

Bagaimana Berdoa Ketika Sedang Sujud? Begini Penjelasan Ustad Abdul Somad

Bagaimana Berdoa Ketika Sedang Sujud? Begini Penjelasan Ustad Abdul Somad--

PALEMBANG, PALPRES.COM- Berdoa adalah salah satu cara kita meminta sesuatu kepada Allah SWT.

Lantas bagaimana cara berdoa ketika sedang sujud pada waktu sholat? Simak penjelasan Ustad Abdul Somad berikut ini untuk mengetahui caranya.

Berdoa pada waktu sujud terakhir adalah waktu yang paling tepat untuk menuturkan doa kepada Allah SWT. Karena berdoa pada sujud terakhir salah satu waktu yang paling mustajab.

Hal itu disampaikan oleh Ustad Abdul Somad dalam sebuah tausiyahnya karena sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Saw.

BACA JUGA:Ustad Adi Hidayat Berikan Adab Berdoa Agar Doa Cepat Terkabul, Begini Caranya!

Tatkala berdoa pada umumnya menggunakan bahasa arab tapi terkait soal bahasa ketika sedang berdoa. Ustad Abdul Somad menjelaskan ada beberapa pendapat yang berbeda di kalangan ulam.

Selain itu, doa juga adalah salah satu cara yang dilakukan manusia untuk memohon kepada Allah Subhanahuwataallah agar hal yang dihajatkannya cepat tercapai atau terkabulkan.

Tidak hanya itu biasanya doa juga dipanjatkan ketika seorang hamba sedang dilanda musibah dalam hidup.

Sesuai dengan sabda Rasulullah Saw yang menjelaskan kalau orang yang paling dekat dengan Allah SWT ketika dia sedang bersujud, leh karena itu perbanyaklah doa.

BACA JUGA:Ingin Hajat Terkabul? Ini Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa, Kata Ustad Adi Hidayat

Meskipun ulama berbeda pendapat tentang bahasa yang digunakan ketika sedang berdoa.

Pertama doa yang masyhur artinya ada dalam Al-Qur'an dan Sunnah dan para ulama sepakat membolehkan untuk dibaca pada waktu sujud.

Akan tetapi bersoa menggunakan bahasa Indonesia, Inggris atau umum bahasa yang non Arab. Maka para ulama sepakat tidak boleh dilakukan atau batal.

Sedang berdoa dengan berbahasa arab sebagian para ulama berpendapat boleh dan sebagian lainnya mengatakan tidak boleh.

BACA JUGA:Berdoa di Waktu Ini Insya Allah Dikabulkan, Al-Imam Ibnul Qoyim Simpulkan 6 Waktu Mustajab

Lantas bagaimana jika seseorang ingin berdoa menggunakan bahasa Indonesia, karena bahasa arab tidak bisa? Maka Ustad Abdul Somad menjelaskan bisa dipanjatkan dalam hati tidak dilafazkan lindah.

Meskipun dipanjatkan dalam hati, kamu tak perlu khawatir karena Allah SWT maha segalanya, Allah mendengar dan maha mengetahui.

Selain sedang sholat doa juga bisa dipanjatkan dimana saja dan kapan saja, termasuk berdoa dengan ramai-ramai.

Dari tausiyahnya Ustad Abdul Somad diatas kita bisa mengambil pelajaran kalau berdoa tatkala sedang sujud diperbolehkan.

BACA JUGA:Karakter Seseorang Ditentukan oleh Orang Itu Sendiri, ini Penjelasan Habib Ja’far

Tapi ada dua pendapat soal baha yang di lafazkan yakni bagi yang ingin menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa umum maka ulama sepakat tidak boleh.

Selain itu, sebagai ulama sepakat berdoa dengan menggunakan bahasa arab di bolehkan dan ada sebagian ulama juga mengatakan tidak boleh.

Lantas kalau kita ingin berdoa ketika sedang sujud terakhir pada waktu sholat, maka panjatkanla dalam hati saja karena sesungguhnya Allah SWT maha mengetahui dan maha mendengar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: