Honda

Jalan Tol Baru di Kalimantan Barat, Penghubung Kawasan Industri Ke Pelabuhan Internasional, Kapan Dibangun?

Jalan Tol Baru di Kalimantan Barat, Penghubung Kawasan Industri Ke Pelabuhan Internasional, Kapan Dibangun?

Ilustrasi pembangunan jalan tol di Kalimantan Barat menuju pelabuhan internasional-Net-

PALPRES.COM - Pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah menjadi tujuan utama pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol.

Seperti di Kalimantan Barat ini yang bakal dilakukan pembangunan ruas jalan tol baru yang akan menghubungkan Kota Pontianak dengan Pelabuhan Kijing.

Informasi ini jelas menjadi kabar gembira masyarakat lantaran akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.

Ruas jalan tol baru ini direncanakan akan dibangun melalui skema kerjasama antara pemerintah dan badan usaha, atau lebih dikenal dengan Kemitraan Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

BACA JUGA:Bisa Rebahan di Rumah, Begini Cara Mudah Bayar Belanjaan Online Pake BRImo ePayment!

Pembangunan proyek Jalan Tol Pontianak - Pelabuhan Kijing diharapkan bisa mempercepat waktu tempuh, sehingga akan menjadi aset utama di Pontianak sebagai pusat administrasi pemerintahan.

Pelabuhan Kijing merupakan salah satu proyek strategis nasional yang telag dikembangkan menjadi pelabuhan berstandar internasiobal terbesar di Kalimantan.

Pelabuhan ini juga diprediksi akan menjadi pusat smelter aspal, distribusi minyak sawit mentah, bauksit, karet, kayu dan barang lainnya.

Bukan itu saja, pelabuhan ini juga diharapkan bisa memberikan kemudahan berbisnis melalui sistem one stop service bagi para investor.

BACA JUGA:Cara Gampang Pinjam Uang Rp10 Juta di DANA, Aktifkan Saja Fitur Ini, Dijamin Hitungan Menit Cair!

Jalan tol yang menghubungkan Kota Pontianak dengan Pelabuhan Kijing akan dibagi menjadi 2 tahap.

Seksi Pertama yakni Pontianak (Batulayang) - Sei Pinyuh dengan panjang mencapai 37,6 kilometer, sedangkan Seksi Kedua yakni Sei Pinyuh - Pelabuhan Kijing dengan panjang mencapai 31,83 kilometer.

Jalan tol ini progres pembangunannya sedang berfokus pada penyusunan Feasibility Study yang telah selesai pada akhir 2022 dan tahun akan dilakukan Analisis Dampak Lingkungan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyapaikan progres penyusunan studi kelayakan jalan tol ini sedang berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: