Honda

Muhammad Taqi Usmani, Tokoh Islam yang Ciptakan Konsep Keuangan Global Berlandaskan Ajaran Islam

Muhammad Taqi Usmani, Tokoh Islam yang Ciptakan Konsep Keuangan Global Berlandaskan Ajaran Islam

Muhammad Taqi Usmani, Tokoh Muslim yang Paling Berpengaruh di Dunia versi The Muslim 500-islamicbookshub.wordpress.com-

JAKARTA, PALPRES.COM - Tahun 2020 media massa yang bernama “The Muslim 500” mengeluarkan daftar Tokoh Muslim yang Paling Berpengaruh di Dunia. 

Seperti dikutip akurat.co, yang menduduki peringkat pertama sebagai Tokoh Muslim yang Paling Berpengaruh di Dunia yakni Muhammad Taqi Usmani

Salah satu pengaruh besar Usmani dalam dunia Islam, adalah jasa besarnya dalam menciptakan konsep keuangan global yang berlandaskan ajaran Islam. 

Ia merupakan pendiri Bank Meezan, Usmani pun sempat dinobatkan menjadi pencetus konsep perbankan Islam di tanah Pakistan.

BACA JUGA:BERKAH SEPTEMBER! BLT Rp1.200.000 Cair Minggu Ini di 83 Daerah, Cek Daftar Penerima Disini

Ia juga menjabat posisi penting sebagai dewan atau ketua di lebih dari selusin bank Islam, serta lembaga keuangan Islam. 

Tidak hanya itu, ia merupakan pemimpin Dewan Syariah Internasional untuk Organisasi Akuntansi dan Audit bagi Lembaga Keuangan Islam (AAOIFI) di Bahrain. 

Usmani oernah meraih penghargaan dari wakil presiden dan perdana menteri Uni Emirat Arab pada Maret 2004 lalu, karena dedikasinya dalam pelayanan seumur hidup serta pencapaiannya dalam keuangan Islam selama Forum Keuangan Islam Internasional (IIFF).

Kiprahnya tidak hanya terkait dunia keuangan Islam global, Usmani dikenal juga sebagai tokoh penting dalam gerakan aliran Deobandi atau ajaran ortodoks Hanafi Sunni. 

BACA JUGA:Hanya Rp20 Jutaan, New Yamaha Exciter 155 VVA Tampil Canggih dan Modern

Oleh The Muslim 500, lelaki kelahiran Deoband, India ini, sudah dianggap sebagai kepala intelektual Sekolah Islam Deobandi serta otoritas di luar Sekolah Deobandi di berbagai negara.

Bahkan, The Muslim 500 mengklaim bahwa pandangan serta fatwa yang dikeluarkan Usmani dapat dijadikan referensi akhir, bagi para akademisi atau pengajar Deobandi di seluruh dunia. 

Usmani sudah mengajar aliran Deobandi bagi ribuan murid di berbagai negara, terutama wilayah anak benua India, Asia Tengah, dan beberapa negara barat.

Perannya tidak hanya memprakarasi bank syariah, Usmani juga rajin menorehkan pemikirannya dalam berbagai artikel hingga buku terkait masalah perbankan atau keuangan Islam dalam tiga bahasa, yaitu Urdu, Arab, serta Inggris. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: