Honda

5 Kampus Muhammadiyah Unggulan di Indonesia, Adakah Salah Satunya Kampusmu?

5 Kampus Muhammadiyah Unggulan di Indonesia, Adakah Salah Satunya Kampusmu?

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)-Kolase-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Muhammadiyah adalah suatu gerakan dakwah Islam yang didirikan pada 18 November 1912 di Yogyakarta Indonesia, oleh sekelompok ulama yang dipimpin oleh KH Ahmad Dahlan

Tujuan utama pendirian Muhammadiyah adalah untuk menghidupkan kembali nilai-nilai Islam yang murni, dan menghapuskan praktik-praktik yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Muhammadiyah memiliki visi untuk memperbaiki kondisi umat dan masyarakat melalui dakwah pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. 

Muhammadiyah mengedepankan prinsip-prinsip seperti kesederhanaan, keadilan, kebersamaan dan kebebasan individu.

BACA JUGA:SELAMAT! 2 Pemilik KK Ini Terima Pencairan Bansos PKH, BPNT Total Rp900.000 dan Beras 20 Kg, Ini Jadwalnya

Dalam bidang dakwah, Muhammadiyah mengedepankan pendekatan moderat dan inklusif dengan tujuan menyampaikan pesan-pesan Islam secara luas kepada masyarakat Indonesia. 

Muhammadiyah juga memiliki lembaga pendidikan yang luas, seperti universitas sekolah dasar menengah dan pesantren yang memberikan akses pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat.

Dalam bidang kesehatan, Muhammadiyah memiliki rumah sakit klinik dan pusat kesehatan yang memberikan pelayanan medis kepada masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu. 

Keberadaan lembaga-lembaga kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Nonton Video Seharian di Aplikasi Mirip TikTok, Saldo DANA Rp100.000 Jadi Milikmu

Muhammadiyah juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial, seperti bantuan bencana pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengembangan masyarakat pedesaan. 

Gerakan Muhammadiyah ini telah menjadi salah satu kekuatan sosial dan budaya yang signifikan di Indonesia, dengan banyak cabang dan anggota yang tersebar di seluruh negeri.

Selama lebih dari satu abad, Muhammadiyah telah berkontribusi dalam membentuk dan mengembangkan wajah Islam di Indonesia. 

Dengan pendekatan moderat dan inklusifnya, Muhammadiyah terus berupaya menjaga keseimbangan antara nilai-nilai agama dan tuntutan modernitas dalam rangka mewujudkan visinya untuk memperbaiki kondisi umat dan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: