Honda

Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Makan Pedas, yuk Disimak Ulasannya!

Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Makan Pedas, yuk Disimak Ulasannya!

Sambal jengkol pedas menjadi salah satu favorit sebagian masyarakat Indonesia yang suka rasa pedas--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kenapa orang Indonesia suka makan makanan pedas? Apakah anda termasuk orang yang sangat suka makan makanan pedas?

Makanan pedas bukan hal yang asing bagi orang Indonesia, hal ini bahkan sudah terkenal sampai ke luar negeri, ternyata kebiasaan makan Makanan pedas memang berkaitan dengan lokasi dan budaya makan yang sudah berkembang sejak lama.

Meski bukan satu-satunya bangsa yang menggemari makanan pedas, tapi cita rasa pedas tidak bisa dilepaskan dari makanan khas Indonesia. 

Bahkan sambal seolah menjadi pelengkap untuk makanan yang tidak boleh ketinggalan, itulah fenomena kegemaran orang Indonesia terhadap cita rasa pedas yang kadang membuat orang luar negeri yang menjajal makanan Indonesia jadi keheranan.

BACA JUGA:Segini Gaji yang Diterima ASN jika Sistem Gaji Tunggal Diterapkan tahun 2024 Mendatang, Tunjangan Ditiadakan

Kesukaan orang Indonesia terhadap rasa pedas juga bisa terlihat dari menu-menu pedas yang dipromosikan dan menjadi trend di mana-mana, selain kelezatan rasa seolah ada hal yang dipertaruhkan ketika seseorang bisa menyantap makanan pedas sampai habis.

Lalu apa sih yang membuat orang Indonesia sangat menyukai cita rasa pedas, bahkan kadang sampai ke level yang tidak masuk akal? bicara tentang selera atau preferensi rasa hal ini pastinya nggak bisa dilepaskan dari budaya sebuah masyarakat.

Sama halnya jika kita membicarakan tentang cita rasa makanan yang manis ala orang Jogja atau orang Solo, hal ini berkaitan dengan sejarah panjang pabrik gula yang banyak terdapat di kota-kota dengan sejarah panjang Kerajaan Jawa.

Kemudian sama halnya dengan konteks itu makanan pedas juga menjadi bagian dari budaya orang Indonesia, makanan pedas dianggap jauh lebih lezat dan menggugah selera bagi para penggemarnya.

BACA JUGA:5 Kampus Terbaik Dunia yang Memiliki Pemandangan Indah di Dalamnya, Auto Betah di Kampus Nih!

Cabai sebagai bahan perasa pedas dalam makanan memiliki kandungan zat capsaicin yang bisa membantu meredakan nyeri dan mendukung produksi endorfin dalam tubuhmu.

Inilah yang menyebabkan orang-orang yang menyantap dan menggemarinya merasa senang dan nyaman dengan sensasi pedas ini, lalu cabai jadi tanaman yang tumbuh subur di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Hal inilah yang membuat cabai menjadi salah satu elemen yang mudah ditemukan dalam menu-menu masakan sehari-hari warga Indonesia, orang-orang yang menyukai rasa pedas dan enggan mengalami efek apa-apa setelah menyantapnya bisa jadi telah terbiasa meraih cita rasa pedas pada makanannya sejak kecil. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: