Honda

Tren Penggunaan Paylater: Mulai dari Penuhi Kebutuhan Bulanan & Mendesak hingga Pentingnya Jaga Skor Kredit

Tren Penggunaan Paylater: Mulai dari Penuhi Kebutuhan Bulanan & Mendesak hingga Pentingnya Jaga Skor Kredit

Sebagai platform keuangan yang resmi berizin dan diawasi oleh OJK, Kredivo pun memiliki inovasi sistem penilaian skor kredit yang mampu menganalisis kelayakan kredit calon pengguna secara real-time dan terintegrasi dengan SLIK-kredivo-

JAKARTA,PALPRES.COM- Kehadiran teknologi memainkan peran krusial dalam transformasi sektor keuangan di Indonesia, utamanya dalam membuka akses layanan keuangan berbasis digital, termasuk layanan kredit

Paylater sebagai pelaku keuangan digital pun terus berkembang, bahkan telah mampu membuka akses kredit pertama setidaknya bagi 60,9% responden dari total 9.239 responden. 

Adapun beberapa faktor yang menjadi perhatian pengguna dalam menggunakan Paylater yaitu: 

1) aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (62,1%), 

BACA JUGA:Cara Pinjam Saldo DANA Gratis Tanpa KTP dan Playlater, Cuan Rp10 Juta Langsung Cair!

BACA JUGA:Belanja di Tokopedia Pakai GoPay dan GoPayLater Dapat Cashback 20 Persen, Begini Caranya!

2) tenor bervariasi (59%), dan 

3) fleksibilitas pembayaran cicilan (56,2%). 

Sejalan dengan masih tingginya kebutuhan masyarakat akan alternatif pembiayaan yang terjangkau dan cepat, tren penggunaan Paylater lainnya yang cukup menarik adalah adanya peningkatan dalam pemilihan lama cicilan atau tenor 12 bulan di 2023 sebanyak 28,1%, dibandingkan tahun sebelumnya 19,2%. 

Selain itu, penggunaannya kini tidak terbatas untuk pemenuhan kebutuhan belanja, namun juga untuk membayar kebutuhan bulanan rutin seperti listrik dan air (43,8%) dengan cicilan tenor kurang satu tahun. 

BACA JUGA:Terungkap! Penyebab Tunggakan PayLater Bikin Milenial Sulit Dapat KPR Bank

Mayoritas pengguna juga menyatakan alasannya menggunakan Paylater untuk memenuhi kebutuhan mendadak/mendesak yaitu sebanyak 52,1%. 

Jumlah pengguna setia Paylater pun naik signifikan, didukung oleh data yang menunjukkan bahwa 78,6% dari total pengguna Paylater telah menggunakan layanan ini selama lebih dari 1 tahun. 

Jumlah ini meningkat sebesar 22,7% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 55,9%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: