Honda

XL Axiata Hadirkan Solusi Green Mining untuk Pertambangan Ramah Lingkungan Melalui Jaringan Pribadi

XL Axiata Hadirkan Solusi Green Mining untuk Pertambangan Ramah Lingkungan Melalui Jaringan Pribadi

XL Axiata Hadirkan Solusi Green Mining dengan Private Network Solusi Ramah Lingkungan bagi Industri Pertambangan-XL Axiata-doc

JAKARTA, PALPRES.COM - XL Axiata Hadirkan Solusi Green Mining untuk Pertambangan Ramah Lingkungan Melalui Jaringan Pribadi.

Prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) semakin merambah ke dunia bisnis, termasuk di Industri Pertambangan Indonesia. 

XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions mempersembahkan solusi inovatif yang mendukung upaya perusahaan pertambangan dalam menerapkan "green mining" melalui jaringan pribadi (Private Network). 

Implementasi solusi ini diprediksi dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik dan gas, potensial mengurangi emisi karbon hingga 20%.

BACA JUGA:Aktivitas Komunikasi Masyarakat Makin Nyaman dengan Sinyal 4G XL Axiata di Jalur MRT Jakarta

Feby Sallyanto, Chief Enterprise and SME Officer XL Axiata, menyatakan, "Digitalisasi di sektor industri pertambangan terus berkembang melalui berbagai inisiatif menuju standar pertambangan ramah lingkungan. 

Salah satu langkah kunci adalah modifikasi proses untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik dan gas serta beralih ke sumber energi dengan emisi karbon yang lebih rendah. 

Hal ini berpotensi mengurangi emisi karbon sebesar 5% hingga 20%. Selain itu, kita juga dapat mencapainya dengan mengganti truk tambang berbahan bakar solar dengan truk listrik atau truk berbahan bakar hidrogen."

Menurut Feby, jaringan pribadi (Private Network) adalah solusi yang ideal untuk mendukung operasional "green mining", karena mampu meningkatkan produktivitas melalui otomasi, mengurangi biaya dengan penerapan manajemen armada menggunakan teknologi IoT (Internet of Things), dan secara tidak langsung meningkatkan keamanan karyawan dengan menghindari perjalanan ke area berbahaya.

BACA JUGA:Dorong Produktivitas Ekonomi Pesantren, XL Axiata Ajarkan Santri Manfaatkan Solusi IoT

Feby juga menyoroti bahwa konektivitas jaringan pribadi memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan infrastruktur jaringan umum. 

Private Network menawarkan tingkat reliabilitas, kecepatan, dan keamanan yang tinggi, menjadikannya cocok untuk aplikasi yang membutuhkan latensi rendah. 

Teknologi ini mencakup area yang luas dan mendukung perpindahan data antar-area jaringan.

"Dalam industri pertambangan, kita tahu bahwa penggunaan energi sangat besar, sehingga menghasilkan emisi karbon yang signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: