Honda

Resep Mudah Buat Celimpungan, Kuliner Legendaris Khas Palembang

Resep Mudah Buat Celimpungan, Kuliner Legendaris Khas Palembang

Resep Mudah Buat Celimpungan, Kuliner Legendaris Khas Palembang-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Celimpungan merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang cukup legendaris yang patut kamu coba.

Kelengendarisan celimpungan ini dikarenakan Palembang merupakan kota tertua di Indonesia.

Bagi sebagian orang, masih agak asing mendengar kuliner yang satu ini, dikarenakan celimpungan tidak sepopuler pempek yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan pempek yang memakai cuka, celimpungan dilengkapi dengan kuah santan yang kental sebagai pelengkap.

BACA JUGA:Periksa NIK KK Anda, Ada 3 BLT Cair Minggu Depan Hanya untuk Kategori Ini

Pada umumnya, celimpungan berbentuk bulat seperti bakso.

Bahan pembuatan celimpungan pun sama halnya dengan membuat pempek, sama-sama berbahan dasar sagu dan ikan. Perbedaannya terletak pada bentuknya dan kuah yang dipakai.

Pempek menggunakan cuka, sedangkan celimpungan menggunakan kuah yang terbuat dari santan kental yang telah dicampur dengan rempah-rempah.

Namun, tahukah kalian sejarah dari celimpungan ini? Berdasarkan catatan sejarah, nama celimpungan sendiri berasal dari kata cemplung pada proses pembuatan celimpungan.

BACA JUGA:Cek NIK Kamu Disini! Ada BLT Rp1.500.000 Bagi 10 Juta Penerima, Cair Senin Ini

Adonannya yang berupa bakso ikan yang berbentuk bulat saat dimasukkan ke dalam kuah santan yang mendidih menimbulkan suara "plung". Bakso ikan ini pun diberi nama celimpungan.

Menurut beberapa warga Palembang, dulunya mereka ingin alternatif lain untuk menyantap celimpungan tanpa menggunakan cuka.

Pada akhirnya mereka mendapatkan sebuah ide dan bereksperimen membuat kuah santan yang dicampur dengan rempah-rempah. Maka terbentuklah kuliner dengan kuah santan, celimpungan.

Dalam hal penyajian, saat menyantap celimpungan biasanya dilengkapi dengan taburan bawang goreng, potongan lontong dan kerupuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: