Honda

7 Cara Merawat Tanaman Hias Indoor supaya Segar dan Subur, Nomor 6 Lakukan Pembersihan Tanaman

7 Cara Merawat Tanaman Hias Indoor supaya Segar dan Subur, Nomor 6 Lakukan Pembersihan Tanaman

7 cara merawat tanaman hias--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Tanaman hias wajib dirawat dengan baik agar tumbuh subur, termasuk Tanaman hias indoor yang menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik interior ruangan di dalam rumah, keberadaan tanaman di dalam ruangan tentunya akan menjadikan suasana menjadi lebih baik lantaran adanya kehadiran tanaman tersebut, apalagi ada sejumlah Tanaman hias indoor yang memiliki kelebihan mampu memberikan pasokan oksigen bukan hanya di siang hari tapi juga di malam hari. 

Sejumlah tanaman hias tersebut harus diperhatikan agar berkembang dengan baik dan tidak menjadi layu, berikut kita rangkum tips merawat tanaman hias indoor di rumah yang ternyata sangat mudah, yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Pilih tanaman yang sesuai 

Mulailah merawat tanaman indoor dengan jenis tanaman yang tahan air serta cahaya minim, misalnya jenis lidah mertua, sirih gading, tanaman palem, aret kebo serta mostera, sebelum menempatkan sebuah tanaman di dalam ruangan kita harus mencari informasi terlebih dahulu apakah tanaman yang kita pilih tersebut bisa diletakkan di dalam ruangan atau tidak.

BACA JUGA:3 Tanaman Hias Aglonema Cantik yang Bawa Keindahan dan Udara Segar ke dalam Rumah Anda 

2. Perhatikan media tanam 

Biasanya tanaman hias indoor menggunakan pot berukuran kecil atau pot sedang, jika memilih menggunakan media tanah bukan media air pastikan untuk memilih media tanam yang tepat, yaitu media tanam yang poros atau gemboras air tidak tinggal menggenang saat disiram, dalam kondisi tidak terlalu basah ataupun terlalu kering dan pastikan pot tanaman memiliki lubang drainase di bagian bawahnya. 

3. Lakukan penyiraman 

Semua jenis tanaman memiliki persyaratan penyiraman yang berbeda, cara terbaik adalah mengetahui kondisi tanaman dan memastikan bahwa tanaman tidak mengalami overwhitening atau kondisi air yang berlebih, penyiraman yang berlebihan menjadi penyebab paling umum kematian tanaman hias, terutama tanaman hias indoor atau yang ditempatkan di ruangan tertutup.

BACA JUGA:Rahasia Kesuksesan, 5 Shio Ini Selalu Memuliakan Orang Tua dan Mendapat Rezeki Berlimpah 

4. Atur pencahayaan dan suhu udara di dalam ruangan 

Suhu ruangan yang nyaman bagi kita untuk beraktivitas tidak lebih dari 27 derajat celcius yang tentu merupakan suhu ideal juga bagi tanaman agar dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan, jika di siang hari udara terlalu panas maka alian bisa membuka jendela untuk mengalirkan udara segar, sehingga tanaman indoor merasa sejuk. 

5. Tidak memindahkan tanaman terlalu sering 

Tanaman hias indoor membutuhkan adaptasi saat ditempatkan di ruangan di dalam rumah meskipun memindahkan tanaman ke tempat lain memang diperlukan hal ini agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, tapi pemindahan tanaman terlalu sering bisa membuat tanaman menjadi mudah layu, bagi penggemar tanaman indoor kebiasaan yang kadang tidak kita sadari ini mulai sekarang jangan disepelekan jika menginginkan tanaman indoor tetap tumbuh dengan baik.

BACA JUGA:Sang Penakluk Hati Gajah Mada, Kisah Legendarisnya Terukir di Prasasti Aria Bebed, Siapa Sosok Ini? 

6. Lakukan pembersihan tanaman hias indoor secara rutin 

Meski berada di dalam ruangan tanaman hias indoor pasti terkena debu atau kotoran lainnya lakukan pembersihan tanaman secara rutin terutama pada bagian daun agar terlihat kembali indah, untuk lebih memudahkan menggunakan botol penyemprot air atau sprei untuk menghilangkan debu dan kotoran lainnya dari tanaman hias indoor. 

7. Melakukan pemangkasan tanaman 

Secara rutin ya tanaman akan mengalami proses tumbuh kembang proses meranggas dan lainnya tidak terkecuali tanaman hias indoor daun akan menguning dan layu nah segera untuk memangkas daun-daun yang mulai rusak dan juga bunga yang telah layu Agar tanaman indoor.

BACA JUGA:Kamu Sedang Sakit Kepala? Jangan Khawatir, Ini 9 Cara Alami Mengobatinya 

Oke teman-teman itu tadi ulasan 7 tips perawatan tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan atau tanaman indoor agar tetap tumbuh dengan baik dan tidak layu semoga bermanfaat. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: