Honda

Rasanya Bikin Nagih! 5 Cara Buat Es Kembang Tahu Paling Mudah

Rasanya Bikin Nagih! 5 Cara Buat Es Kembang Tahu Paling Mudah

Rasanya Bikin Nagih! 5 Cara Buat Es Kembang Tahu Paling Mudah--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Rasanya bikin nagih 5 cara ini buat es kembang tahu paling mudah dirumah.

Menurut sejarah es kembang tahu atau wedang tahu adalah makan berasal dari Tiongkok yang dibawa ke Indonesia pada abad ke 19 oleh seorang imigran.

Wedang tahu di Tiongkok berdbeda dengan wedang tahu di Indonesia, memiliki bentuk yang sama namun perpaduannya berbeda.

Di Tiongkok wedang tahu diberi taburan udang kecil atau rebon kering. Sedangkan kuahnya memakai kuah kecap diisi dengan taburan daun bawang atau daun ketumbar.

BACA JUGA:Dikukus Langsung Jadi! Ini Resep Jajanan Pasar Kue Mendut, Lembut, Kenyal, Tidak Lengket

Dan penyajian wedang tahu di Tiongkok ditambah dengancakwe dan mantau. Jika dilihat dari penjelasan tersebut wedang tahu di Teongkok bukanlah minuman es melainkan makanan yang berkuah.

Sedangkan di Indonesia wedang tahu terpopuler ada di Semarang, di tempat ini wedang tahu dibuat sebagai minuman hangat seperti wedang ronde.

Wedang tahu di Indonesia memiliki rasa yang bikin nagih, kuahnya terbuat dari rebusan kacang merah dan bercita rasa pedas manis disi dengan kembang tahu yang lembut.

Setiap kota di Indonesia wrdang tahu memiliki nama yang berbeda, seperti di Surabaya namanya tauwa, di Solo tahok, wedang tahu di Semarang, sedangkan Jakarta dan Sumatera disebut dengan kembang tahu.

BACA JUGA:Rahasia Kulit Lumpia Lentur Anti Sobek! Yuk Belajar Bikinnya

Tertarik dengan es kembang tahu beriku 5 cara mudah buat es kembang tahu di rumah.

Pertama siapkan terlebih dahulu bahan berikut ini: agar-agar putih bubuk, 125 gram gula pasir, 4 gram 1000 cc susu kedelai, kemudian cairkan dengan 50 ml air, dan 1/2 sendok teh garam.

Kedua siapkan bahan untuk kuah Jahe yang sudah diukur dengan takaran sebagai berikut: 100 gram gula merah, 1000 cc air, 150 gram jahe dimemarkan, 250 gram gula pasir, 2 lembar daun jeruk, 3 lembar daun pandan, 3 butir cengkeh, 3 cm kayu manis, dan 1/4 sendok teh garam.

Ketiga mulai proses memasak untuk membuat kembang tahunya. Pertama rebuslah susu kedelai sampai mendidih kemudian tambahkan agar-agar, gula, dan garam. Setelah itu tunggu hingga mendidih dan larutan membeku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: