Honda

3 Alasan Indonesia Dijuluki Zamrud Khatulistiwa, Berikut Ulasannya!

3 Alasan Indonesia Dijuluki Zamrud Khatulistiwa, Berikut Ulasannya!

Indonesia dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM-  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian Zamrud adalah batu permata yang berwarna hijau seperti lumut, sedangkan khatulistiwa merupakan garis keliling bumi yang terletak melintang pada nol derajat yang membagi bumi menjadi dua belahan yang sama, yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan,

Garis khatulistiwa adalah garis lintang dengan nilai nol derajat yang membagi bumi menjadi bagian bumi utara dan selatan, menurut letak astronomisnya Indonesia berada diantara 6 LU 11 LS dan 95 derajat BT 14 LU, sehingga menjadi salah satu negara yang dilewati oleh Garis khatulistiwa, berikut julukan zamrud khatulistiwa untuk Indonesia.

1. Julukan zamrud khatulistiwa diartikan sebagai keindahan dari sebuah batu zamrud yang dilintasi garis khatulistiwa, arti zamrud dalam KBBI di atas mengacu pada hutan Indonesia masih banyak dan jika dilihat dari atas berupa hamparan daratan yang hijau.

Negara Indonesia melintasi garis khatulistiwa menjadikannya sebagai negara yang berada di wilayah tropis, letak ini memberikan pengaruh besar pada iklim flora fauna serta kekayaan alam Indonesia yang berlimpah.

BACA JUGA:Ini loh 3 Jenis Hewan Asli Endemik Indonesia yang Terancam Punah, Nomor 2 Ada Burung Jalak Bali

2. Julukan zamrud khatulistiwa merujuk pada keindahan alam Indonesia dengan lanskap yang indah mulai dari hutan hujan tropis, pegunungan yang tinggi, gunung berapi hingga pantai yang mempesona, pulau-pulau yang tersebar di seluruh Nusantara juga memperkaya kekayaan alam dan keanekaragaman hayati.

3. Julukan zamrud khatulistiwa bukan hanya julukan indah bagi Indonesia melainkan mencerminkan keindahan alam kekayaan sumber daya alam keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang melimpah di negara ini. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: