Honda

Bukan Debus! Orang yang Suka Makan Benda Asing Disebut Pica Eating Disorder, Ini Penjelasannya

Bukan Debus! Orang yang Suka Makan Benda Asing Disebut Pica Eating Disorder, Ini Penjelasannya

Penjelasan Pica Eating Disorder -Freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Bukan debus! orang yang suka makan benda asing disebut Pica Eating Disorder, ini penjelasannya.

Hari ini tanggal 27 September 2023, berbagai Media online dan Televisi Nasional memberitakan tentang seorang pria yang bernama Haris Daeng Ngalle, yang berasal dari Sulawesi Selatan. 

Pria ini mempunyai kegemaran yang aneh, Ia yang berprofesi sebagai kuli panggul ini mengaku terbiasa memakan semen sebanyak empat gelas dalam sehari sejak tahun 2021 hingga saat ini. 

Ia mengatakan bahwa tubuhnya baik-baik saja walaupun Ia telah mengkonsumsi semen tersebut lebih dari 2 tahun.

BACA JUGA:SIMAK! 6 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 sebagai Sumber Vitamin dan Mineral

Akan tetapi, menurut seorang Epidemiolog, dr. Dicky Budiman, beliau mengatakan bahwa kebiasaan memakan benda asing yang bukan makanan tidak layak dikonsumsi dan tidak memiliki nilai gizi itu disebut dengan Pica Eating Disorder.  

Masih menurutnya, bahwa Semen itu bahan pembuat bangunan rumah, bukan makanan. 

Bukan hanya itu, dr. Dicky juga menjelaskan kalau kejadian ini tidak hanya menganggu masalah kesehatan, tetapi juga akan menimbulkan dampak serius pada kesehatan fisik maupun mental. 

Ini disebakan karena semen mengandung bahan kimia yang sangat beracun, maka akan menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan di kemudian hari.

BACA JUGA:Manfaat Lari Tak Hanya Buat Kesehatan Fisik Tapi Obat Move On Usai Diputusi Pacar, Coba Deh!

Kita sering mendengar berita ataupun melihat secara langsung di sekitar kita ada orang yang suka memakan benda asing, misalnya sabun, bensin, rambut, beling, kertas, kerikil, cat dan masih banyak lagi benda asing lainnya. 

Lalu apa sih penyebab orang suka memakan benda asing ini? Psikolog, Ikhsan Bella Persada, M.Psi. mengatakan sampai saat ini, belum ada penyebab pasti seseorang bisa mengidap Pica Eeating Disorder, biasanya mereka makan benda asing ini karena keinginan diikuti rasa penasaran yang tinggi.

Biasanya pengidap Pica Eeating Disorder dimulai dari anak-anak  sampai dewasa, namun tidak jarang juga di alami oleh orang dewasa, seperti yang di Makassar ini, justru Ia baru memulainya saat di usia dewasa. 

Pengidap Pica Eeating Disorder harus segera diobati dan tidak boleh dibiarkan terus mengkonsumsi benda-benda asing tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: