Honda

Pelatihan Pembuatan Kemplang dari Crivisaya Ganjar Bisa Jadi Peluang Usaha Bagi Warga OKI

Pelatihan Pembuatan Kemplang dari Crivisaya Ganjar Bisa Jadi Peluang Usaha Bagi Warga OKI

Sukarelawan Crivisaya Ganjar yang terdiri dari Generasi Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) menggelar pelatihan cara membuat kemplang kepada warga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)--

OKI,PALPRES.COM- Sukarelawan Crivisaya Ganjar yang terdiri dari Generasi Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) menggelar pelatihan cara membuat kemplang kepada warga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Kegiatan itu berlangsung di Kelurahan Kayuagung, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatra Selatan pada Rabu, 27 September 2023.

Koordinator Wilayah Crivisaya Palembang Sri Agria mengatakan, melalui pelatihan pembuatan kemplang itu diharapkan warga bisa menjadikannya sebagai ide peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga. 

"Kegiatan kami hari ini adalah pembuatan kemplang. Harapan kami agar banyaknya UMKM itu lebih maju membangunkan sektor perekonomian warga serta memperluas perkembangan UMKM itu sendiri," ujar Sri. 

BACA JUGA:Inilah 10 Tradisi Unik dalam Memperingati Maulid Nabi SAW di Berbagai Daerah Indonesia, Apa saja?

"Untuk mendorong perekonomian terutama di daerah-daerah contohnya di Kayuagung itu sendiri," lanjut dia. 

Sri menjelaskan, kegiatan ini tercetus saat Crivisaya Ganjar melihat potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayah tersebut. 

Diketahui, di wilayah Kayuagung terdapat banyak sungai sehingga hasil perikanannya sangat melimpah. Ikan inilah yang kemudian diolah menjadi suatu produk bernilai daya jual tinggi yaitu kemplang. 

Adapun kemplang merupakan makanan khas Sumsel berupa kerupuk yang terbuat dari olahan ikan dicampur tepung sagu yang kemudian digoreng atau dipanggang. 

Menurut Sri, kemplang merupakan salah satu makanan khas dan makanan favorit warga Palembang selain pempek. Biasanya, ini yang menjadi buah tangan atau oleh-oleh jika ada warga luar datang ke Palembang. 

BACA JUGA:3 Tempat Makan Model Gandum Paling Nikmat yang Ada di Kota Palembang, Cita Rasa Kuahnya Sedep!

"Agar masyarakat bisa tahu bagaimana prosesnya tidak hanya menikmatinya saja. Kami berharap kemplang ini bukan cuma hanya terkenal di daerah Palembang saja tetapi juga di nasional seperti kota-kota lainnya," kata Sri. 

Pelatihan yang dihelat Crivisaya Ganjar dinilai sangat bermanfaat oleh warga. Hal itu diungkapkan Ketua RT 02 RW 02 Kelurahan Kayuagung, Ishak Nafis. 

"Ini sangat bermanfaat sekali untuk mengurangi pengangguran dan menambah pendapatan warga Kayuagung," ucap Ishak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: