Honda

Bikin Heboh! Rangka Underbone Milik Yamaha Juga Patah, Ternyata Ini Penyebabnya

Bikin Heboh! Rangka Underbone Milik Yamaha Juga Patah, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi rangka underbone milik Yamaha yang juga ikut patah-Net-

PALPRES.COM - Meskipun tidak menggunakan rangka eSAF, ditemui rangka motor Yamaha juga patah.

Jika selama ini heboh dengan rangka eSAF Honda yang mengalami patah, ternyata produk Yamaha juga bikin heboh lantaran mengalami patah rangka.

Ironisnya, rangka yang digunakan Yamaha tersebut bukan rangka eSAF seperti pabrikan sebelah.

Diketahui, pabrikan Yamaha menggunakan rangka underbone yang diklaim kokoh dan kuat dari eSAF.

BACA JUGA:Dijuluki Mobil Kodok! Ini Keunikan dari Volkswagen Beetle

Tapi belakangan ini ramai jad perbincangan lantaran rangka Yamaha juga mengalami patah.

Dikutip dari laman Youtube Motomo Channel, menampilkan banyaknya sepeda motor matic Yamaha yang mengalami patah kerangka seperti motor Honda.

Pasca rivalnya rangka eSAF dari Honda yang keropos, Yamaha mencuri kesempatan untuk memaparkan rangka New NMax dengan sangat percaya diri.

Terlebih, acara yang banyak menguncang wartawan media otomotif tersebut diwarnai dengan demontrasi memasukkan air kedalam rangka untuk memamerkan sistem drainase yang cukup baik dari rangka Yamaha.

BACA JUGA:Yuk, Intip Keseruan Beauty Science Fest 2023 by ParagonCorp, Science Experience Pertama di Indonesia

Bukan itu saja, Yamaha juga menyatakan rangka NMax telah melalui treatment pengecatan celup yang tidak dilakukan oleh Honda pada rangka eSAF.

Sayangnya, dalam kenyataannya banyak video yang memperlihatkan rangka motor Yamaha mengalami patah karena berkarat.

Disebut patah lantaran rangka yang berkarat, sebab dalam video tersebut tidak terlihat ada masalah pada bagian body, namun patahnya tepat diarea leher rangka underbone.

Video yang mengalami patah rangka dari Yamaha tersebut antara lain Mio GT yang diproduksi tahun 2013, yang diperkirakan sudah 10 tahun baru mengalami patah rangka.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-24 Tersingkir Asian Games, Kalah 0-2 dari Uzbekistan di 16 Besar

Kemudian beredar video rangka patah dari Yamaha Mip M3 tahun 2017, yang kondisi bagian depan dan rangkanya patah menjadi dua bagian.

Kasus ini terlihat sangat jelas lantaran karat dari kerangka.

Ada pula Yamaha NMax generasi pertama tahun 2018, yang mengalami patah rangka di tengah-tengah underbone.

Melihat kasusnya, ini ada hubungan dengan fender depan bagian belakang yang terbuka, sehingga air bisa langsung mengenai rangka.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Bupati Iskandar Apresiasi Tradisi Marga Danau

Cipratan air yang terus menerus dan kurangnya perawatan rangka dari motor Yamaha ini menyebabkan rangka bisa menjadi korosi hingga akhirnya patah.

Banyaknya kasus video patah rangka tersebut, sepertinya pabrikan otomotif harus lebih memperhatikan kualitas bahan rangka dan cat rangka produk mereka.

Pasalnya, negara Indonesia memiliki suhu yang cukup panasa dan kelembapan udara yang tinggi, dimana kondisi tersebut sangat ideal dalam proses perkaratan logam yang tidak terlindungi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: