Honda

Bukan Sumatera Selatan! Tapi Iinilah 5 Provinsi dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Indonesia

Bukan Sumatera Selatan! Tapi Iinilah 5 Provinsi dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Indonesia

Bukan Sumatera Selatan! Tapi Iinilah 5 Provinsi dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Indonesia--Sumber kemenparekraf.go.id

PALEMBANG,PALPRES.COM- Indonesia sebgai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, wajar saja jika terdapat masjid yang banyak. Sangking banyaknya sampai-sampai dalam satu RW/RW terdapat lebih dari satu masjid.

Ada 5 provinsi dengan jumlah masjid terbanyak di Indonesia dan Sumatera Selatan tidak masuk dalam deretan masjid terbanyak di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi BPS Sumatera Selatan jumlah masjid yang ada di Sumatera Selatan pada tahun 2022 sebanyak 9.532 yang terbagi di 17 kabupaten dan kota.

Dari lima provinsi tersebut sebagai peringkat ke lima dengan masjid terbanyak di Indonesia yaitu Provinsi Lampung dengan jumlah masjid mencapai 12.000 masjid yang tersebar di beberapa kabupaten.

BACA JUGA: Sate Kere atau Sate Miskin Asal Solo Bukanlah Makanan yang Dianggap Sebelah Mata, Ini Alasanya

Perlu kamu ketahui dilansir dari situs Sistem Informasi Masjid (SIMAS) tercatat ada sebanyal 288.086 bangunan masjid yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Yang terbagi menjadi masjid negara, raya, agung, jami, hingga ditempat public.

Dalam situs tersebut, masjid yang tercatat secara legal atau tercatat secara administrasi, baik itu dari SK pendirian, dokumentasi bangunan, hingga kepemilikan tanah. 

Penasaran provinsi mana saja dengan jumlah masjid terbanyak di Indonesia simak artikel ini hingga selesai yang akan mengulas provinsi dengan masjid terbanyak di Indonesia, kita mulai dari angka lima:

5. Provinsi Lampung

BACA JUGA:Heboh! Suzuki Satria FU 400cc Pakai 2 Silinder Meluncur di Indonesia, Benarkah?

Provinsi Lampung tercatat ada sebanyak 12.000 masjid yang terbagi di beberapa kabupaten. Kabupaten Lampung Tengah adalah wilayah dengan jumlah masjid terbanyak di Provinsi Lampung, yaitu sebanyak 1.822 bangunan masjid.

Selanjutnya ada Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah bangunan masjid sebanyak 1.525, dan Kabupaten Lampung Selatan memiliki bangunan masjid sebanyak 1.396.

4. Provinsi Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan termasuk provinsi dengan bangunan masjid terbanyak di Indonesia ke Empat dengan jumlah masjid sebanyak 14.313 yang terbagi di beberapa kabupaten dan kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: