Honda

Bank Indonesia Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal dalam Perdagangan Antar Negara

Bank Indonesia Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal dalam Perdagangan Antar Negara

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam kegiatan Indonesia-Tiongkok Business Forum di Beijing Tiongkok.-bi.go.id-

TIONGKOK,PALPRES.COM- Bank Indonesia terus mendorong perluasan dan penggunaan mata uang lokal atau Local Currency Transaction (LCT) antarnegara dalam perdagangan, investasi, pasar keuangan, dan perbankan, serta transaksi pembayaran antarnegara. 

Pada kegiatan promosi perdagangan yang dikemas dalam “Indonesia-Tiongkok Business Forum" di Beijing, Tiongkok belum lama ini, Bank Indonesia (BI) berkesempatan memperkuat jalinan kemitraan ekonomi Indonesia dan Tiongkok melalui kampanye LCT transaksi dengan menggunakan mata uang lokal. 

Mekanisme LCT ini diyakini akan mendorong kerja sama investasi dan perdagangan kedua negara. 

Kampanye secara langsung di negara mitra ini mendorong pemanfaatan LCS Indonesia-Tiongkok yang telah diimplementasikan sejak 6 September 2021 lalu. 

BACA JUGA:Ini yang Dilakukan Bank Indonesia Jaga Inflasi Tetap Rendah Hingga Akhir Tahun 2023

Kegiatan tersebut diselenggarakan di sela-sela rangkaian kegiatan Bank Indonesia di Tiongkok, diantaranya Indonesia-Tiongkok Business Forum serta Indonesia Night in Beijing yang diselenggarakan BI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tiongkok , kerja sama BI dengan Bank Sentral Tiongkok, promosi proyek investasi, kuliah umum Gubernur BI yang disertai kerja sama BI dengan Tsinghua University, dan pertemuan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Kegiatan tersebut hadir untuk penguatan kerja sama ekonomi Indonesia Tiongkok sebagai mitra dagang terbesar Indonesia dalam dekade terakhir, termasuk sebagai ajang promosi investasi-perdagangan di Indonesia.

Pada forum bisnis tersebut, Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan lima alasan untuk berinvestasi di Indonesia, yakni i) pondasi makroekonomi yang stabil, ii) pertumbuhan yang tinggi, iii) berlanjutnya reformasi struktural dan hilirisasi sumber daya alam, iv) digitalisasi ekonomi dan keuangan yang terakselerasi, dan v) pengembangan ekonomi inklusif dan berkelanjutan. 

Hal ini didukung pasar dan konsumsi domestik yang luas, meluasnya sektor jasa dan meningkatnya ekonomi penduduk generasi milenial. 

BACA JUGA:5 Jurusan Idaman Bank Indonesia Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Mau Tau?

Sebagai mitra dagang terbesar, kontributor investasi asing langsung kedua tertinggi, dan tiga besar sumber turis tertinggi Indonesia, Tiongkok perlu terus memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia. 

Lebih lanjut Gubernur Perry memaparkan baiknya performa makroekonomi Indonesia yang mencatat inflasi yang rendah dan diproyeksikan akan terus menurun, nilai tukar rupiah yang stabil, defisit fiskal yang terus mengecil serta meningkatnya pembiayaan perbankan. 

“Indonesia stabil secara makroekonomi, moneter,  dan stabilitas keuangan. Hal ini penting karena tidak ada investasi dan prospek bisnis apabila suatu negara tidak stabil," pungkas Gubernur Perry, dalam keterangan tertulisnya.

Selain dengan Tiongkok, kerja sama LCT juga sudah diimplementasikan antara Indonesia dengan sejumlah negara di kawasan, yaitu Malaysia, Thailand, dan Jepang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: