Honda

Majukan Infrastruktur Perkotaan, Ini Komitmen Kementerian PUPR

Majukan Infrastruktur Perkotaan, Ini Komitmen Kementerian PUPR

Ilustrasi proyek pembangunan infrastruktur--Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus aktif memberikan dukungan dalam pembangunan infrastruktur perkotaan, guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang tangguh di wilayah perkotaan. 

Infrastruktur yang handal memiliki dampak positif terhadap berbagai aspek pembangunan, seperti pendidikan, sosial, kesehatan, aksesibilitas wilayah, dan banyak lainnya.

Dalam sebuah Konferensi Pers Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) tahun 2023 di Jakarta, sebagaimana dikutip dari pu.go.id, Senin 2 Oktober 2023, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, menyampaikan komitmen Kementerian PUPR dalam memajukan pembangunan infrastruktur perkotaan.

Diana menjelaskan bahwa tema HHD-HKD tahun 2023, "Ekonomi Perkotaan yang Tangguh menuju Permukiman Berkelanjutan untuk Semua," menjadi landasan bagi Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dalam menyelesaikan berbagai proyek infrastruktur perkotaan. 

BACA JUGA:Oktober KPM Full Bahagia, Ada 7 Bansos Siap Cair Mulai Besok, Ada Bansos Baru?

BACA JUGA:Cek ATM Sekarang! Bansos PKH Cair Hari Ini di Daerah Ini, Daerahmu Termasuk?

Beberapa di antaranya adalah Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT), serta program infrastruktur berbasis masyarakat seperti Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).

Menurut Diana, saat ini telah ada 268 TPA yang berhasil dibangun di seluruh Indonesia, dengan jumlah terbanyak terdapat di Provinsi Jawa Timur, mencapai 20 TPA. Sedangkan area TPA terluas berada di Provinsi Jawa Barat, mencapai 203,14 hektar.

Dalam hal layanan IPAL, Provinsi Sumatera Utara menduduki peringkat tertinggi dengan cakupan layanan mencapai 102.880 keluarga. 

Sebanyak 148 IPAL telah berhasil dibangun di seluruh Indonesia, dengan jumlah terbanyak terdapat di Provinsi Jawa Tengah, mencapai 13 IPAL.

BACA JUGA:5 Mobil Murah yang Bisa Bikin Kamu Males Ganti Mobil Lagi

BACA JUGA:SELAMAT! KPM PKH dan BPNT Bakal Mendapatkan 2 Bansos Tambahan Cair Oktober Ini, Langsung Cek Nama Anda di Sini

Lebih lanjut, untuk layanan IPLT, Provinsi Jawa Barat menjadi yang terdepan dengan cakupan layanan mencapai 512.476 keluarga. 

Terdapat 222 IPLT yang telah dibangun di seluruh Indonesia, dengan jumlah terbanyak terdapat di Provinsi Aceh, mencapai 20 IPLT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: