Honda

Cara Sederhana Merawat Tanaman Hias Calathea Zebrina Bagi Pemula, Auto Tumbuh Subur

Cara Sederhana Merawat Tanaman Hias Calathea Zebrina Bagi Pemula, Auto Tumbuh Subur

Cara Sederhana Merawat Tanaman Hias Calathea Zebrina Bagi Pemula, Auto Tumbuh Subur-Kolase-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ini dia cara sederhana merawat tanaman hias Calathea Zebrina bagi para pemula, auto tumbuh subur.

Dengan keunikan pada daunnya yang mirip seperti kulit zebra, tanaman hias Calathea Zebrina menjadi salah satu tanaman hias yang sangat diminati.

Berasal dari Brazil, tanaman hias ini sering dijuluki sebagai zebra hijau yang memiliki panjang bisa mencapai 15 sentimeter bahkan lebih.

Tanaman hias ini menjadi pilihan populer untuk menghiasi dalam ruangan, meskipun Calathea jenis ini dapat tumbuh lebih tinggi dan sedikit lebih sulit dalam pertumbuhnnya.

BACA JUGA:REKOMENDASI! 5 Tanaman Hias untuk Teras Rumah Anda, Nomor 3 Calathea Black Pink

BACA JUGA:Lindungi Paru-parumu! Inilah 5 Tanaman Hias Pembersih Udara dari Kabut Asap

Oleh karena itu, agar tanamanmu bisa tumbuh dengan baik diperlukan perhatian khusus.

Mengingat, pada habibat aslinya Calathea Zebrina tumbuh subur di tempat hangat dan lembab serta tidak terkena sinar matahari langsung. 

Berikut cara jitu merawat tanaman hias Calathea Zebrina supaya tumbuh subur dan terlihat menawan, yuk disimak ulasannya ya!

1. Perbanyak Calathea Zebrina

BACA JUGA:Memiliki Daun yang Lembut dan Rimbun, Ternyata Ini Rahasia Merawat Tanaman Hias Suplir

BACA JUGA:Dikenal dengan Daun-daunnya yang Unik dan Eksotis, Begini Cara Merawat Tanaman Hias Monstera Ekor Naga

Memperbanyak Calathea Zebrina dilakukan dengan cara membagi tanaman utama, saat penanaman ulang dilakukan berikan lingkungan yang hangat dan kelembaban yang cukup setelah membelah dan menanam kembali.

2. Suhu Ruangan

Menjaga suhu ruangan untuk menempatkan tanaman hias Calathea Zebrina rata-rata 18-24 derajat celcius, dan tidak lebih rendah dari 60 derajat fahrenheit, kemudian penurunan suhu yang tiba-tiba dan angin dingin harus dihindari.

3. Cahaya

BACA JUGA:8 Jenis Tanaman Hias Paling Laris di Bulan Oktober 2023, Lengkap dengan Daftar Harganya

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Ini Paling Cocok untuk Hiasan Rumah, Ada Mostera dan Sri Rezeki

Pada habitat aslinya Calathea Zebrina tumbuh subur di daerah hutan yang dinaungi oleh pepohonan tanpa sinar matahari langsung, itulah sebabnya tempat yang terang, tapi teduh di rumah kaca yang hangat sangat cocok untuk tanaman ini tumbuh.

4. Penyiraman

Selama musim tanam siram tanaman hias Calathea Zebrina dengan seksama dan jaga kelembaban tanahnya, saat musim dingin kurangi penyiraman dan anda bisa membiarkan tanah bagian atas menjadi sedikit kering.

5. Media tanam

BACA JUGA:Ciptakan Suasana Alami di Rumahmu, 12 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Solusi

BACA JUGA:7 Jenis Tanaman Hias yang Memiliki Manfaat untuk Pengobatan, Nomor 5 Berbunga Harum

Campuran pot gambut akan dibutuhkan untuk menanam Calathea Zebrina, yang mana bagian gambut dan satu bagian lagi campuran yang diberi pupuk cair seimbang setiap 2 minggu.

Demikian cara jitu merawat tanaman hias Calathea Zebrina, semoga bermanfaat sehingga koleksi tanaman hias anda di rumah semakin banyak dan indah dipandang mata.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: