Honda

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha: Shalat Istisqa Merupakan Ikhitar Kita Supaya Diturunkan Hujan

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha: Shalat Istisqa Merupakan Ikhitar Kita Supaya Diturunkan Hujan

Pelaksanaan shalat istisqa di halaman Mapolres Lubuklinggau--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Polres Kota Lubuklinggau kembali melaksakan shalat istisqa dalam rangka meminta diturunkan hujan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. 

Pelaksanaan shalat istisqa dilaksanakan di halaman Mapolres Lubuklinggau yang dihadiri oleh Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yunda, Wakapolres, Kompol Asep berserta PJU, personel dan ASN Polres Lubuklinggau, Jumat, 13 Oktober 2023.

Bertindak sebagai imam shalat istisqa, Aiptu Bambang AR dan dilanjutkan dengan tausyiah dan doa.

Kegiatan ini merupakan bentuk doa bersama dari Polres Lubuklinggau untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa agar kiranya turun hujan, mengingat kondisi cuaca yang saat itu mungkin mengalami kekeringan atau cuaca yang tidak bersahabat.

BACA JUGA:Istri Kapolres Lubuklinggau Jadi Narasumber Kecantikan, Ajak Jaga Kulit Sehat di Cuaca Tak Sehat

"Adapun pelaksanaan shalat istisqa yang dilaksanakan pagi tadi, sebagaia salah satu ikhtiar kita meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dapat menurunkan hujan, walau pun dalam beberapa hari kemarin sempat turun hujan tapi tidak terlalu lama, sekitar 10 sampai 15 menit," kata Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha. 

Menurutnya, saat ini masih ada beberapa titik hotspot di wilayah Kota Lubuklinggau, yang jika tidak tersiram hujan ditakutkan menjadi kebakaran hutan dan lahan. 

"Kita rasakan juga masih ada titik hotspot diwilayah selatan dan dan utara yang jika tidak tersiram hujan ditakutkan menjadi kebakaran hutan dan lahan, dan juga ada beberapa sumur mata air mengalami kekeringan," ungkapnya.

Kapolres menjelaskan, berdasarkan pantauan dalam satu minggu terjadi sekitar 2 atau 3 kali titik hotspot di Lubuklinggau, dan wilayah yang menjadi perhatian adalah wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan dan Lubuklinggau Utara.

BACA JUGA:Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Lakukan Sweping untuk Cegah Karhutla

"Ini pun titik tidak serta merta merupakan suatu kebakaran hutan atau pun lahan, jadi situasi yang sangat panas terkadang memantulkan ke atas menjadi titik hotspot, yang kita antisipasi diwilayah Lubuklinggau Selatan dan sebagian di wilayah Lubukklinggau Utara, Kami juga terimakasih kepada  jajaran Pemkot Lubuklinggau yang aktif bersedia langsung turun membantu kalau terjadi kebakaran," tukasnya.

Terkait adanya informasi beberapa sumur warga yang mulai kering, Kapolres AKBP Indra Arya Yudha mengaku pihaknya segara akan berkordinasi dengan Pemkot Lubuklinggau untuk memberikan suplai air bersih bagi warga yang membutuhkan.

Sementara itu, Pj Wali Kota Lubuklkinggau, H Trisko Defriyansa mengaku akan segera menindaklanjuti jika ada laporan warga yang mengalami kekeringan dan membutuhkan suplai air bersih.

"Silahkan laporkan kepada lurah, selanjut nanti pihak kecamatan melapo kepada Sekda dan nanti pak sekda yang meminta pihak PDAM Tirta Silampari untuk menyuplai air bersih kepada warga, apalagi saat ini sudah ada bantuan satu unit mobil truk yang dapat digunakan mengangkut air bersih," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: