Honda

Pertamina Hulu Energi Gencar Upayakan Dekarbonisasi, Ini 3 Strategi yang Bakal Dilakukan

Pertamina Hulu Energi Gencar Upayakan Dekarbonisasi, Ini 3 Strategi yang Bakal Dilakukan

Energi Ramah Lingkungan-Foto Anak Teknik Indonesia-

JAKARTA, PALPRES.COM– PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina terus menunjukkan kontribusi dalam menjaga ketahanan energi nasional dan terus mendukung pemerintah dalam program Net Zero Emission (NZE) tahun 2060. 

Hal ini diungkapkan Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita, yang hadir dalam Webinar Climate Change Mitigation Collaborative Strategies for a Greener Energy Industry yang diadakan Dunia Energi, Selasa 17 Oktober 2023.

Dalam kesempatan tersebut, PHE memaparkan penerapan green strategy berupa transisi energi dan upaya dekarbonisasi.

Arya menyampaikan tiga strategi Transisi Energi PHE, 3 strategi transisi energi PHE terdiri dari Transisi gas, Dekarbonisasi dan Potensi bisnis baru CCS/CCUS.

BACA JUGA:Dukung Emisi Nol Karbon di Indonesia, Pertamina Hulu Energi Gelar Sustainable Development Forum

Pertamina melalui Pilar Pertamina NZE dengan goal NZE pada tahun 2060 juga memiliki  inisiatif strategis melalui dekarbonisasi bisnis yaitu efisiensi energi, pembangkit listrik ramah lingkungan, pengurangan kerugian (zero flaring rutin), bahan bakar rendah karbon dan lain sebagainya serta pembangunan bisnis baru melalui CCS/CCUS yang terintegrasi.

Sebagai pembuka dalam keynote speechnya, Yulia Suryanti, Direktur Mitigas Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menyampaikan beberapa sektor pengurangan emisi di sektor energi  antara lain meliputi penggunaan energi baru terbarukan (EBT), efisiensi energi, dan bahan bakar rendah emisi. 

“Pemerintah juga mengusung kebijakan energi gabungan dan penerapan sumber energi bersih sebagai arahan kebiajakan nasional menuju jalur dekarbonisasi sektor energi,’’ jelas Yulia.

Dijabarkan lebih lanjut, Arya menjelaskan inisiatif dekarbonisasi PHE di tahun 2023. 

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Ciptakan Zero Emmision di Indonesia Bersama Kepala Daerah

Pada 26 September 2023 lalu IDX meluncurkan IDX Carbon yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

PHE juga mencatatkan transaksi Perdana dalam perdagangan karbon kredit dimana PHE sebagai pelaku industri hulu migas pertama yang menjadi bagian dalam Bursa Karbon.

PHE juga memiliki inisiatif dekarbonisasi lainnya antara lain energy efficiency yang hingga saat ini berkontribusi sebesar 51 persen dari program dekarbonisasi PHE, flare gas reduction/ utilization yang berkontribusi sebesar 26 persen dari program dekarbonisasi PHE.

Penggunaan biodiesel B30/ B35 pada armada kapal yang berkontribusi sebesar 10 persen dan instalasi solar panel sebagai bagian dari inisiatif low carbon power yang berkontribusi sebesar 2 persen.

BACA JUGA:Perubahan Jajaran Direksi Pertamina Hulu Energi, Berikut Ini Nama-namanya dan Jabatannya

Dalam menjalankan komitmennya, PHE melibatkan pekerja, masyarakat sekitar, pemasok, kontraktor, mitra bisnis, pelanggan dan kelompok kepentingan lainnya hingga melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam komitmen penerapan green energy. 

Salah satunya, PHE memiliki program pemberdayaan masyarakat yang mendukung ketersediaan akses energi yang lebih terjangkau, berkelanjutan, dan berbasis masyarakat melalui program Desa Energi Berdikari. 

“Sampai dengan September2023, program Desa Energi Berdikari telah menghasilkan empat jenis energi listrik. 

Program ini berpotensi mengurangi emisi karbon sebesar 343.219 ton CO2 eq.

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Gandeng Fakultas MIPA UGM Jogjakarta, Ini Tujuannya

Nilai potensi reduksi emisi karbon ini meningkat 86,27 persen bila dibandingkan nilai emisi reduksi karbon pada tahun 2022,’’ tutup Arya.

PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). 

PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact ("UNGC") sebagai member sejak Juni 2022. PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG. 

Mendukung aspek Governance, PHE juga senantiasa berkomitmen Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan.

BACA JUGA:Komitmen Menjaga Keberlanjutan Energi Nasional, Trik ini yang Dilakukan Pertamina Hulu Energi

Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandard ISO 37001:2016

PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: