Honda

Dukung Emisi Nol Karbon di Indonesia, Pertamina Hulu Energi Gelar Sustainable Development Forum

Dukung Emisi Nol Karbon di Indonesia, Pertamina Hulu Energi Gelar Sustainable Development Forum

PT Pertamina Hulu Energi Mengadakan Sustainable Development Forum-Istimewa-

YOGYAKARTA,PALPRES.COM - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina terus berupaya mendukung program pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) atau Emisi Nol Karbon.

Salah satunya melalui gencaran dekarbonisasi emisi yang berkaitan erat dengan kegiatan usaha hulu migas. 

PHE membuktikan keselarasan dengan pemerintah untuk dekarbonisasi melalui PHE Sustainable Development Forum yang mengusung tema Dekarbonisasi Penyimpanan dan Perdanganan karbon di Yogyakarta.

Perdagangan karbon menjadi salah satu inisiatif yang dilakukan PHE sebagai upaya dalam pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), khususnya Karbon Dioksida (CO2) dari berbagai sektor yang dapat menyebabkan dekarbonisasi.

BACA JUGA:Kado HUT RI ke-78, Pertamina Hulu Energi Berhasil Kurangi Emisi Karbon Melebihi Target

Gelaran Sustainable Development Forum PHE merupakan kolaborasi internal dari Fungsi Legal Counsel dan fungsi Upstream Innovation Technology serta turut mengundang pemateri dari berbagai instansi terkait. 

Wiko Migantoro, Direktur Utama PHE menegaskan dengan  terselenggaranya acara positif seperti ini membuktikan bahwa perusahaan konsisten dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai target penurunan emisi sebesar 29 persen pada tahun 2030 dan Net Zero Emission di tahun 2060 dengan terselenggaranya diskusi positif ini. 

”Acara ini tentu saja digagas dengan tujuan yang mulia dan merefleksikan komitmen Pertamina Hulu Energi untuk berkontribusi tindakan yang membawa kita untuk lebih less emision dengan tema disini dekarbonisasi penyimpanan dan Carbon Trading”, ujar Wiko.

Hal tersebut juga didukung Alpius Dwi Guntara, VP Upstream Innovation PHE dimana PHE memiliki ambisi untuk menjadi ujung tombak serta memiliki reputasi dalam Global Energy Company.

BACA JUGA:Keren, Pertamina Hulu Energi Raih Juara 1 Best Booth Design dan Best Content di Ajang IPA Convex 2023

“PHE menjalankan bisnis dekarbonisasi dengan menjalankan efisiensi energi, loss reduction, elektrifikasi peralatan, penggunaan bahan bakar rendah karbon, green power generation, mobil equipment electrification, carbon capture and storage’’, terang Guntara.

Di tempat yang sama, Eva Maria, Vice President Legal Counsel PHE memaparkan berbagai upaya mendukung dan mengurangi dekarbonisasi yakni melalui penyelengaraan Nilai Emisi Karbon (NEK) untuk National Determined Contribution. 

PHE melakukan program inisiatif atas rencana perdagangan karbon sukarela di Pertamina Group dan Carbon Capture and Storage (CCS) serta Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS). 

“Program perusahaan bersama berkenaan dengan dekarbonisasi dan penurunan emisi GRK yang sedang kita lakukan dan tentunya berkenaaan dengan perdagangan karbon CCS dan CCUS sehingga diharapkan kita memberikan perhatian, memberikan insight dan melakukan diskusi”, kata Eva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: