Honda

Tol Indralaya-Prabumulih Sepanjang 64,5 Kilometer Diresmikan Hari Ini, Palembang-Prabumulih Cuma 1 Jam

Tol Indralaya-Prabumulih Sepanjang 64,5 Kilometer Diresmikan Hari Ini, Palembang-Prabumulih Cuma 1 Jam

Tol Indralaya-Prabumulih Sepanjang 64,5 Kilometer Diresmikan Hari Ini, Palembang-Prabumulih Cuma 1 Jam-hutama karya-

PRABUMULIH,PALPRES.COM– Jalan Tol Indralaya-Prabumulih diresmikan hari ini, Kamis 26 Oktober 2023.

Peresmian Jalan Tol Indralaya-Prabumulih ini dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sepanjang 64,5 km.

Untuk pertama kalinya, peresmian ruas tol ini bukan dilakukan di Gerbang Tol melainkan di Titik Nol Tol Indralaya – Prabumulih. 

BACA JUGA:Provinsi Riau dan Sumatera Barat Kini Tersambung, Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan Selesai Akhir 2023

Dalam peresmian ini, Presiden RI didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj Walikota Prabumulih Elman, dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tol ini merupakan bagian dari 2.800km jalan tol di Sumatera yang sedang dibangun oleh pemerintah, dimana akan meningkatkan kecepatan mobilitas barang dan jasa sehingga daya saing menjadi semakin baik. 

Ia juga menekankan betapa pentingnya peningkatan infrastruktur yang akan terus dilanjutkan oleh pemerintah agar dapat bersaing dengan negara-negara lain, yang pembangunannya dapat melalui APBN, BUMN, hingga swasta.

“Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5km telah selesai dan segera dioperasikan. Jalan tol ini sudah dibangun sejak 2019 dengan medan yang tidak mudah, utamanya di Sumatera Selatan dengan biaya investasi Rp 12,5 Triliun. Investasi memang besar, tetapi manfaat bagi negara dan rakyat akan sangat luar biasa kalau kita bisa menaikkan produktivitas yakni dengan menyambungkan jalan tol ke kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, industri, maka manfaatnya akan sangat besar sekali,” tutur Jokowi.

BACA JUGA:Pemerintah Bangun Jalan Tol Baru di Jawa Barat - DKI Jakarta, Dana Investasinya Rp21,26 Triliun

Pembangunan jalan tol ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Komisi V DPR RI pada Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik ke Provinsi Sumatera Selatan. 

Diwakili oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw, menyampaikan apresiasi terhadap percepatan konektivitas infrastruktur tol di Sumatera Selatan kepada Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Triono Junoasmono melalui keterangan resmi di laman web Kementerian PUPR pada (10/9) lalu.

Triono Junoasmono menyampaikan jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya ini dapat memangkas waktu tempuh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: