Honda

Rebonding atau Smoothing, Mana yang Bikin Rambut Lurus Lebih Tahan Lama?

Rebonding atau Smoothing, Mana yang Bikin Rambut Lurus Lebih Tahan Lama?

Perawatan Rebonding atau Smoothing, Mana yang Bikin Rambut Lurus Lebih Tahan Lama?-freepik-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Banyak orang beranggapan dan menilai bahwa dengan rambut yang lurus, wanita akan terlihat lebih cantik dan menarik. 

Karena anggapan tersebut, wanita yang memiliki rambut keriting dan ikal berusaha agar rambutnya menjadi lurus. 

Oleh karena itu banyak wanita yang rela melakukan perawatan rambut salon-salon kecantikan dengan melakukan tindakan Rebonding rambut dan Smoothing rambut untuk mendapatkan rambut yang Lurus tersebut.

Walaupun Rebonding dan Smoothing adalah sama-sama proses perawatan bagi rambut keriting dan ikal untuk mendapatkan rambut yang lurus, tetapi ternyata rebonding dan smoothing memiliki perbedaan

BACA JUGA:Siapa Sangka, 5 Model Rambut Wanita Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu yang Mana?

Rebonding adalah proses pelurusan rambut yang keriting dan ikal dengan menggunakan bahan secara kimiawi. 

Tujuannya agar membuat rambut keriting dan ikal tersebut menjadi lurus, halus, dan terlihat lembut. Rebonding rambut sebenarnya memecah ikatan hidrogen di rambut sebelum menyatukannya kembali.

Tujuan dari Rebonding rambut adalah membuat rambut lebih lurus daripada proses lainnya, tetapi juga membawa risiko kerusakan rambut yang tinggi. 

Jenis rambut yang cocok untuk rebonding adalah rambut yang lebat dan tebal,keriting, serta kuat. Dengan kata lain rebonding adalah 'memaksa' agar rambut menjadi lurus dengan menggunakan bahan kimia yang sangat KUAT.

BACA JUGA:Tak Hanya Jadi Bumbu Masakan, Daun Seledri Bisa Jadi Kondisioner Rambut, Cara Buatnya Simpel!

Rambut yang lurus hasil dari perawatan Rebonding, biasanya walaupun menjadi lurus, akan cenderung akan berstruktur lebih kaku dan tegak. 

Jika kamu tidak merawatnya dengan baik, maka rambut lurus hasil rebonding sangat rentan mengalami masalah kepatahan dan kerontokan.

Proses rebonding bisa dilakukan dengan lebih cepat. 

Seluruh proses rebonding umumnya memakan waktu sekitar 2-3 jam saja, tergantung dimana kamu melakukan perawatan tersebut. 

BACA JUGA:Pentingnya Merawat Mahkota Wanita, Ini Tips 7 Cara Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Harga untuk proses rebonding juga termasuk terjangkau, tergantung obat pelurus rambut yang dipilih dan juga tergantung berapa panjang rambutmu. 

Makin panjang rambut kamu, maka harga yang ditetapkan akan lebih mahal dibandingkan dengan orang yang memiliki rambut lebih pendek.

Biasanya harga yang ditetapkan mulai dari Rp100 ribuan sampai dengan Rp300 ribuan saja, tergantung di salon mana kamu melakukan perawatan. 

Sebaiknya kamu harus memilih salon yang sudah berpengalaman agar hasil yang didapatkan nanti sesuai dengan yang kamu harapkan. 

BACA JUGA:Puyang Rambut Emas, Cerita Legenda dari Kabupaten Empat Lawang

Disarankan untuk tidak memilih salon dengan harga yang sangat murah, dikhawatirkan obat rambut yang digunakan kualitasnya kurang baik jika harga yang ditawarkan terlalu murah. 

Alih-alih menjadi cantik, yang ada rambut kamu akan menjadi rusak. Sebaiknya sebelum dilakukan proses rebonding konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak salon.

Smoothing rambut adalah proses untuk menghilangkan rambut kusut dan kering, agar mendapatkan rambut yang lembut lurus dan halus serta mudah diatur. 

Perawatan smoothing ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki rambut yang bergelombang dan mekar.

BACA JUGA:Anti Gagal! Begini Cara Bikin Rambut Nenek Legendaris , Tak Keras dan Simple Banget

Hasil perawatan smoothing akan membuat rambut lebih terlihat lurus dan natural. 

Karena menawarkan hasil lebih natural, perawatan smoothing rambut biasanya dibanderol dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan rebonding. 

Kamu harus membayar semakin mahal jika melakukannya di salon yang sudah memiliki reputasi terpercaya. 

Biasanya, harga satu kali perawatan smoothing berada di kisaran angka minimal 300 ribu  sampai dengan 500 ribuan, tergantung dengan panjang rambutmu.

BACA JUGA:Cek Katalog Hair Care di Alfamart Terdekat! Dapat kan Promo Produk Rambut Sehat, Berkilau, dan Tetap Slay

Pengerjaan proses smoothing rambut juga lebih lama dibandingkan rebonding untuk proses smoothing rambut dibutuhkan waktu minimal 3 sampai 5 jam.

Masalah yang paling sering dialami akibat Rebonding rambut dan Smoothing rambut adalah kerontokan rambut. 

Hal ini karena rambut terpapar bahan kimia dan panas dari alat yang digunakan saat proses pelurusan. Bahan kimia dan suhu panas tersebut dapat menyebabkan folikel rambut menjadi lemah dan menjadi terlepas dari akarnya, sehingga akan mudah mengalami kerontokan.

Saat ini, smoothing rambut memang menjadi jenis perawatan yang semakin sering dipilih oleh para wanita. 

BACA JUGA:Minyak Kayu Putih Ternyata Bisa Hilangkan Uban, Rambut Kembali Hitam Pekat, Begini Caranya!

Sebab, meski sama-sama dilakukan dengan penggunaan bahan kimia, rambut lurus yang dihasilkan proses smoothing umumnya lebih lembut dan halus sehingga tampak lebih natural.

Jika jenis rambut Anda ikal, keriting, dan susah diatur, maka rebonding adalah metode yang sangat cocok untuk diterapkan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Namun, Jika rambut Anda sudah lurus alami, atau sedikit bergelombang, mengembang, dan mudah kusut, maka kamu lebih baik memilih metode yang cocok adalah smoothing. 

Kamu akan terlihat lebih lurus alami.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: