Honda

Kulit Wajah Sering Bermasalah, Mungkin Karena Over Eksfoliasi, Yuk Kenali Tanda-tandanya

Kulit Wajah Sering Bermasalah, Mungkin Karena Over Eksfoliasi, Yuk Kenali Tanda-tandanya

Kulit Wajah Sering Bermasalah, Mungkin Karena Over Eksfoliasi, Yuk Kenali Tanda-tandanya -freepik/valuavitaly-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Eksfoliasi, adalah tindakan perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, debu ataupun kotoran yang yang menempel pada wajah, sehingga wajah menjadi cerah, bersih, dan segar.

Cara kerja eksfoliasi ialah dengan meregenerasi kulit wajah, lapisan kulit wajah yang lama akan hilang yang kemudian akan diikuti dengan munculnya lapisan kulit wajah yang baru.  

Proses eksfoliasi dapat kamu lakukan sendiri di rumah, ataupun kamu bisa mendatangi klinik dan pusat-pusat kecantikan.

Biasanya orang akan melakukan eksfoliasi pada wajah dengan menggunakan Sabun muka yang mengandung scrub, toner yang mengandung AHA, dan juga serum wajah.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru Beli Skincare, 5 Produk Sabun Organik Terbaik Ini Bisa Mencerahkan Wajah dan Masalah Kulit!

Eksfoliasi boleh dilakukan untuk meregenerasi kulit atau merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. 

Sebaiknya eksfoliasi dilakukan seminggu sekali dengan cara yang pelan, jangan menggosok wajah dengan bahan eksfoliasi terlalu keras karena dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit wajah.

Terkadang kita melakukan eksfoliasi berlebihan, tahu kah kamu jika eksfoliasi yang berlebihan akan menyebabkan terjadi dampak buruk pada kulit wajah.

Adapun tanda-tanda kulit wajah over Eksfoliasi, adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:10 Kuliner Pedas Khas Indonesia yang Bikin Wajah Merah dan Lidah Panas, Ini Harus Dicoba!

1. Munculnya Breakout

Breakout adalah kondisi wajah yang mengalami masalah seperti dengan munculnya banyak jerawat, iritasi, dan juga kemerahan. 

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab munculnya breakout, selain menggunakan skincare yang tidak cocok dengan kulit, tenyata breakout bisa disebabkan juga karena wajah terlalu sering di eksfoliasi.

Cara mengurangi breakout pun mudah, yaitu dengan menghentikan penggunaan bahan yang mengeksfoliasi kulit wajah tersebut.

Pada beberapa orang breakout bisa hilang dengan sendirinya jika menghentikan pemakaian produk yang menjadi penyebab wajah menjadi breakout, tapi banyak juga orang yang mengalami wajahnya tidak dapat sembuh dari breakout dengan sendirinya, jika itu terjadi padamu, sebaiknya kamu pergi berkonsultasi ke dokter kulit untuk mencegah breakout semakin bertambah parah. 

BACA JUGA:Keajaiban Daun Kelor untuk Kulit Wajah Cerah, Jerawat dan Flek Hitam Kabur, Begini Cara Pakainya

2. Kulit wajah menjadi kering dan Mudah mengelupas

Eksfoliasi bekerja dengan cara mengangkat atau membuang sel kulit mati pada wajah, namun jika wajahmu terlihat mengering dan mengelupas, itu menjadi tanda wajah kamu over eksfoliasi. 

Selain dapat menyebabkan rasa perih di wajah, kulit yang mengelupas juga membuat penampilan kurang menarik. 

Jika menggunakan bedak, baik itu bedak tabur maupun compact powder (bedak padat), tidak akan dapat menempel sempurna pada wajah akibat dari kulit wajah yang kering dan mengelupas ini.

BACA JUGA:Keripik Kentang Termasuk, Inilah 5 Makanan yang Bikin Wajah Tampak Tua, Segera Hindari!

3. Munculnya Jerawat kecil

Jika selama ini wajah kamu tidak pernah ditumbuhi oleh jerawat, tapi belakangan setelah menggunakan produk eksfoliasi wajahmu malah muncul jerawat-jerawat kecil, bahkan nyaris memenuhi wajahmu, bisa jadi itu akibat dari wajah kamu terlalu sering dieksfoliasi. 

Sebaiknya hentikan eksfoliasi tersebut sampai jerawatmu membaik, karena saat wajah ditumbuhi jerawat, kemudian dilakukan eksfoliasi, maka justru akan memperparah kondisi wajah.

4. Wajah mengalami Iritasi

Walaupun mengekspoliasi wajahadalah cara yang baik untuk merawat kulit, tetapii kita tidak boleh terlalu sering mengeksfoliasi wajah bisa membuat kulit wajah akan menjadi iritasi. 

Pada Kulit yang iritasi ditandai dengan kulit terasa perih seperti terluka, ini dikarenakan Kulit menjadi iritasi setelah lapisan kulit terkikis oleh produk kosmetika yang mengandung bahan eksfoliasi. 

BACA JUGA:Auto Muka Glowing! Cukup Lakukan 2 Langkah Ini Untuk Mencerahkan Wajah dengan Lidah Buaya

5. Muncul ruam kemerahan

Melakukan tindakan eksfoliasi secara berlebihan juga dapat mengakibatkan kulit mengalami bercak merah atau yang disebut juga dengan ruam. 

Ruam kemerahan  yang tidak merata ini adalah luka yang diakibatkan pada saat kamu melakukan  eksfoliasi secara berlebihan. 

Saat kamu melakukan eksfoliasi dan menggosok kulit wajahmu dengan kasar, maka itindakan itu dapat menyebabkan rusaknya Skin barrier (lapisan terluar kulit).

6. Kulit wajah menjadi gatal

Eksfoliasi yang berlebihan juga dapat menyebabkan rasa gatal yang muncul setelah penggunaan toner yang mengandung bahan eksfoliasi. Kemungkinan besar gatal ini merupakan efek dari komposisi aktif yang tersapat dalam toner eksfpliasi kamu  gunakan tersebut.

BACA JUGA:Ga Perlu Oplas! Ini 10 Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah, Solusi Tepat Atasi Kerutan dan Penuaan Dini

Biasanya gatal yang dirasakan tidak tidak berbahaya, akan tetapi dapat membuat perasaan yang tidak nyaman bagi orang yang merasakannya.

Walaupun Eksfoliasi bermanfaat untuk menghilangkan lapisan kulit mati pada wajah, namun sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan atau over eksfoliasi. 

Eksfoliasi yang berlebihan akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi kulit. 

Sebaiknya eksfoliasi dilakukan 1 sampai 3 kali dalam seminggu agar kulit tetap sehat.  *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: