Honda

KABAR GEMBIRA! Bansos PKH Oktober-Desember 2023 Rp750.000 Cair di Kantor Pos Bulan Ini

KABAR GEMBIRA! Bansos PKH Oktober-Desember 2023 Rp750.000 Cair di Kantor Pos Bulan Ini

KABAR GEMBIRA! Bansos PKH Oktober-Desember 2023 Rp750.000 Cair di Kantor Pos Bulan Ini-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Kabar gembira untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia, karena Bansos PKH untuk alokasi Bulan Oktober-Desember 2023 Rp750.000 cair di kantor pos bulan ini. 

Pemerintah menetapkan 2 mekanisme pencairan Bansos PKH yaitu lewat KKS Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Untuk pencairan bansos PKH lewat KKS Bank Himbara disalurkan per dua bulan, sedangkan yang cairnya lewat PT Pos Indonesia bantuan disalurkan per tiga bulan. 

Nah, setelah dimulainya proses penyaluran PKH tahap 4 alokasi September-Oktober yang cair lewat KKS Bank Himbara, dibulan November 2023 ini juga akan disalurkan bantuan PKH tahap 4 untuk alokasi bulan Oktober, November dan Desember yang cair lewat Kantor Pos. 

BACA JUGA:MANTAP! KPM PKH dan BPNT dapat 5 Kali Pencairan Bansos bulan November hingga Desember, Apa Saja?

Pencairan bantuan PKH tahap 4 lewat Kantor Pos ini disalurkan untuk tiga bulan di 83 kabupaten/Kota di Indonesia yang merupakan wilayah 3T dan perbatasan. 

Adapun bantuan yang diterima berdasarkan kategori adalah sebagai berikut:

- Ibu hamil dan balita : Rp750.000

- Lansia dan disabilitas: Rp600.000

- Anak SD : 250.000

- Anak SMP : Rp375.000, dan

- Anak SMA : Rp500.000

BACA JUGA:Alhamdulillah, BLT BPNT Tahap 5 Termin 2 Rp400.000 Sudah Cair ke ATM, Cek Sekarang!

BACA JUGA:Rezeki Akhir Tahun untuk Pemilik Kartu KKS Golongan Ini dapat 5 Kali Pencairan Bansos bulan November-Desember

Bagi Keluarga Penerima Manfaat PKH yang proses pencairan lewat PT Pos Indonesia, dapat melihat status kepesertaan dan update pencairan bantuan sosial di akun SIKS-NG Pendamping Sosial atau di Dinas Sosial Kabupaten/Kota. 

Karena, terpatau di SIKS-NG Pendamping Sosial untuk pencairan PKH tahap 4 alokasi Oktober-Desember 2023 yang cair lewat PT Pos Indonesia statusnya sudah muncul keterangan Surat Perintah Membayar atau SPM.

Seperti pada pencairan-pencairan sebelumnya, jika status penerima bantuan sosial sudah SPM, maka pencairan bantuan tinggal menunggu hari. 

Hanya saja, mekanisme pencairan bantuan sosial lewat PT Pos Indonesia sedikit berbeda dari penyaluran via bank.

BACA JUGA:Pencairan Bansos PKH dan BPNT Alokasi November-Desember Dipercepat, Cair Serentak Bulan Ini

BACA JUGA: BLT BPNT Cair via Pos November Ini, Pemilik KTP Dapat 2 Bansos Tambahan Sekaligus, Begini Caranya!

Jika pencairan bantuan lewat PT Pos Indonesia, maka KPM harus menunggu surat undangan pengambilan bantuan dari Kantor Pos. 

Di dalam surat undangan tersebut ada kode barcode pengambilan bantuan dan jadwal pengambilan bantuan di Kantor Pos di wilayah KPM masing-masing. 

Jika undangan sudah diterima segeralah datang ke kantor pos untuk mengambil bantuan yang disalurkan dengan membawa surat undangan, KTP dan KKS asli.  

Sementara itu, untuk pencairan Bantuan BPNT alokasi Oktober-Desember 2023 yang cair lewat PT Pos Indonesia saat ini di SIKS-NG terpantau masih dalam proses Cek Rekening. 

BACA JUGA:Daftar Bansos yang Cair Bulan November 2023 dan Cara Mudah Cek Penerimanya lewat Hp

BACA JUGA:9 Bansos Ini Diperpanjang 2024, Pemilik NIK dan KK Bisa Dapat, Ini Persyaratannya!

Jika KPM dinyatakan ‘Berhasil Cek Rekening’, maka Kemensos akan menerbitkan SPM dan bantuan akan dicairkan dalam waktu 3-7 hari ke depan setelah SPM diterbitkan. 

Namun tidak menutup kemungkinan Bantuan PKH dan BPNT yang cair lewat Pos ini akan dicairkan berbarengan seperti pencairan di tahap-tahap sebelumnya. 

Oleh karena itu para KPM harap bersabar dan nantikan saja pencairan bantuan sosialnya baik itu melalui PT Pos Indonesia maupun KKS Bank Himbara.

Sementara itu untuk pencairan bantuan beras 10 kilogram per bulan juga masih terus berjalan untuk alokasi bulan November 2023. 

BACA JUGA:SIMAK! Begini Cara Dapat BLT El Nino, Bansos Pangan 10 Kg Beras, PKH, dan BLT BPNT November Ini

Serta periode salurnya juga akan ditambah hingga Bulan Desember 2023 sehingga KPM mendapatkan penyaluran bantuan beras dengan total 40 kilogram. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: