Honda

Satu-Satunya di Indonesia, Jembatan Emas Ini Bisa Buka Tutup, Telan Anggaran Rp400 Miliar

Satu-Satunya di Indonesia, Jembatan Emas Ini Bisa Buka Tutup, Telan Anggaran Rp400 Miliar

Ilustrasi jembatan emas yang bisa buka tutup di Bangka Belitung-Kementerian PUPR-

PALPRES.COM - Banyak proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah di seluruh penjuru tanah air.

Salah satunya Jembatan Emas yang menjadi penghubung dua daerah di Indonesia.

Diketahui, pembangunan proyek ini menelan dana mencapai Rp400 miiliar.

Tak heran jika pembangunan Jembatan Emas ini menghabiskan dana yang besar, lantaran berdiri megah dengan teknologi canggih yakni bisa buka tutup.

BACA JUGA:Piala Dunia U17 2023: Dapat Kritikan Netizen, Ji Da bin Siap Tampil Habis-habisan di Lawan Maroko U17

BACA JUGA:Masyarakat Palembang Bangga, Flyover Simpang Sekip Segera Beroperasi, Catat Tanggalnya

Jembatan Emas menjadi satu-satunya jembatan di Indonesia yang menggunakan sistem bukan tutup, sedangkan jembatan lainnya hanya berupa jalan lurus.

Informasi yang dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, jembatan megah ini berada di Bangka Belitung.

Adapun lokasi persisnya berada di atas Sungai Pangkal Balam, Kawasan Ketapang, Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

Walaupun jembatan ini dibangun untuk menghubungkan daerah pinggiran pantai di Kota Pangkalpinang (Ketapang) dan Air Anyir, Kabupaten Bangka, namun juga menjadi tujuan tempat wisata baru.

BACA JUGA:Catat, 3 Makna Terselubung Bunyi Perkutut yang Bikin ‘Ngeri’ Pemiliknya

BACA JUGA:Honda Scoopy Versi Murah, Masih Gunakan Velg Jari-Jari Ring 14, Kamu Minat?

Kemegahan dari Jembatan Emas ini cukup menarik pengunjung apalagi dimalam hari yang akan banyak lampu bersinar, sehingga menyajikan banyak spot foto menarik.

Jembatan Emas dibuka mulai pukul 07.00 hingga 19.00 dan bagian tengahnya akan diangkat pada pukul 18.00 untuk melintasnya kapal di sungai.

Untuk mengangkat bagian tengah Jembatan Emas ini membutuhkan waktu 5 menit dan disertai dengan bunyi sirine yang otomatis membuat kkendaraan tidak bisa melewatinya.

Pembangunan Jembatan Emas ini memang tinggi lantaran juga menggunakan beton dengan rangka yang menjulang tinggi, sehingga menarik perhatian.

BACA JUGA:Perpanjangan STNK Kini Bisa Tanpa KTP Pemilik Lama, Caranya Unduh Aplikasi Ini

BACA JUGA:Jadwal Sholat Kota Palembang Beserta Niatnya, Hari Ini Rabu 15 November 2023

Panjang dari jembatan ini mencapai 784 meter, lebar 23 meter dari daratan Kota Pangkal Pinang hingga pesisir Kabupaten Bangka.

Sebelum Jembatan Emas ini dibangun, jarak yang harus ditempuh untuk kedua  daerah tersebut mencapai 30 kilometer baik melalui darat ataupun jalur air.

Selain itu, agar pembangunan jembatan di Bangka Belitung ini mampu berdiri megah maka didatangkan konsultan ahli dari Inggris untuk membangunnya.

Bukan hanya pembangunannya yang menelan anggaran mencapai Rp400 miliar, namun operasional Jembatan Emas ini perbulannya juga menghabiskan anggaran besar yakni mencapai Rp60 juta untuk biaya buka tutup dan penerangan jembatan.

BACA JUGA:Yuk Cobain Resep Burgo, Menu Sarapan Khas Palembang yang Gurih dan Bikin Nagih

BACA JUGA:Cek Kartu KKS Anda, Bansos PKH Tahap 5 Cair 2 bulan untuk Kategori Ini di Bank BNI

Pengunjung bisa menikmati keindahan lampu pada malam hari di atas jembatan, sehingga pemandangan disana semakin indah dengan latar belakang pantai yang mempesona.

Di atas jembatan dapat melihhat dengan jelas Pantai Air Anyir, Pasir Padi yang lokasinya berada di Pangkal Pinang dan PLTU Air Anyir di Kabupaten Bangka.

Pemandangan tersebut dapat disaksikan dengan mata secara langsung dimana tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya masuk dan sebagainya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: