Honda

Tingkatkan Akurasi Program Pengentasan Kemiskinan, Pj Bupati Muba Datangi Bappenas

Tingkatkan Akurasi Program Pengentasan Kemiskinan, Pj Bupati Muba Datangi Bappenas

Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Drs Apriyadi MSi mendatangi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Senin 20 November 2023.-Kominfo Muba For Palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM – Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Drs Apriyadi MSi mendatangi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Senin 20 November 2023.

Kunjungan itu sendiri keinginan Pj Bupati Muba dalam memperbaiki sistem manajemen tata kelola data dalam mengeksekusi program-program pengentasan kemiskinan di Muba. 

Kedatangan Pj Bupati Muba dalam rangka pemutakhiran data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tersebut, disambut oleh Plt Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas Dinar Dana Kharisma SE MALD PhD.

Dalam kesempatan itu Apriyadi mengatakan pemanfaatan data hasil Regsosek 2022 ini, terkait dengan kelanjutan program pengentasan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Muba pada tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Destinasi Wisata di Muba Ini, Solusi Liburan Akhir Tahun, Menawarkan Keindahan Alam yang Eksotis!

"Kita tahun ini sudah meluncurkan Program Bantuan Tunai Untuk Masyarakat Miskin (Bantu Umak) yang dianggarkan melalui APBD Tahun Anggaran 2023 dengan besaran Rp 32 Miliar.

Bantuan yang disalurkan ke warga pra sejahtera di Muba kategori miskin ekstrem rencananya akan kita tingkatkan dua kali lipat yakni sebesar 71 Miliar pada tahun 2024," ujarnya.

Untuk itu dalam penyalurannya , dibutuhkan data yang akurat agar program lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

"Program Bantu Umak tahun ini sudah berjalan dari bulan Juli, rencananya tahun depan di Januari sudah mulai kita dorong kembali.

BACA JUGA:Harga Beras Naik, Pemkab Muba Gencar Operasi Pasar Hingga ke Pelosok Desa

Dalam hal ini data yang akurat sangat dibutuhkan agar program ini benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat dan membantu pemerintah pusat mencapai target 0 persen kemiskinan ekstrim tercapai, khususnya di Muba," tambahnya.

Sementara Plt Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinar Dana Kharisma SE MALD PhD mengapresiasi komitmen kuat Pj Bupati Muba dalam mengentaskan kemiskinan ekstrim. 

Dia juga menyambut baik penggunaan data Regsosek dalam menjalankan program-program pemerintahan di daerah untuk menghindari salah sasaran.

"Mudah-mudahan koordinasi ini terus berlanjut, dan data Regsosek ini kita untuk kesejahteraan penduduk," kata Dinar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: