Honda

Serunya Belajar Sejarah, Ini 5 Destinasi Wisata Arkeologi Indonesia, Ada yang Dari Zaman Megalitikum!

Serunya Belajar Sejarah, Ini 5 Destinasi Wisata Arkeologi Indonesia, Ada yang Dari Zaman Megalitikum!

Serunya Belajar Sejarah, Ini 5 Destinasi Wisata Arkeologi Indonesia, Ada yang Dari Zaman Megalitikum!--Kolase

BACA JUGA:8 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia, Cocok Buat Healing di Akhir Tahun

Taman Arkeologi Leang-leang yang bermakna goa ini menyajikan berbagai wisata edukasi tentang kepurbakalaan, seperti peninggalan arkeologis manusia purba. 

Di dalam taman ini juga kamu bisa menemukan bebatuan purbakala dengan dua buah gua prasejarah, yaitu Leang Pettae dan Leang Petta Kere. 

Jejak keberadaan kehidupan manusia purba di gua ini bisa kamu lihat dengan peninggalan gambar-gambar pada dinding gua, seperti gambar babi bertarik dan bertanduk. 

Menurut ahli arkeologi, goa purbakala di taman ini diperkirakan dihuni oleh manusia purba pada tahun 8.000 hingga 3.000 sebelum Masehi. 

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Terbaik di Toraja yang Gak Boleh Terlewatkan, Mirip Negeri di Atas Awan

Sementara itu, lukisan prasejarah yang ditemukan diperkirakan berusia 5.000 tahun. 

Dari penemuan lukisan itulah goa ini akhirnya dijadikan objek wisata. 

Tahun 1980, gua ini resmi dibuka untuk wisatawan.

2. Situs Megalitikum Gunung Padang

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Air Terjun di Sumsel, Keindahannya Memukau, Bisa Bermain Arung Jeram hingga Lihat Hewan Langka

Berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, destinasi wisata arkeologi ini menyimpan banyak misteri dan membuat banyak orang penasaran. 

Karena itulah, sejumlah penelitian dilakukan terhadap situs megalitikum ini yang telah dilakukan sejak zaman kolonial Belanda. 

Beberapa pihak menduga bahwa reruntuhan purbakala ini berasal dari zaman Paleopolitik di sekitar tahun 22.000 hingga 9.000 sebelum Masehi. 

Namun, untuk kebenarannya belum pasti dan masih terus dilakukan penelitian. 

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia, Konon Ada yang dibuat Dalam Satu Malam Saja

Banyak juga yang memperkirakan jika situs ini sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat purba. 

Buktinya terlihat dari sisa-sisa dari zaman Megalitikum yang dapat dilihat dari tinggalan bebatuan tempat pemujaan yang masih berdiri tegak hingga sekarang. 

Kira-kira terdapat 500 teras pada situs ini yang memiliki ukuran berbeda-beda dan batuannya yang berasal dari andesit yang memiliki panjang sekitar satu meter dengan bentuk tiang-tiang.

3. Stone Garden National Geopark, Bandung

BACA JUGA:Wisata Jelajah Alam Kini Lagi Hits, Yuk Sewa Perlengkapan Kemah Disini

Destinasi wisata arkeologi yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Stone Garden National Geopark yang berlokasi di Citatah, Kabupaten Bandung Barat. 

Disana kamu akan melihat pemandangan hamparan bebatuan karst yang eksotis. 

Bebatuan tersebut diduga berasal dari danau purbakala yang terbentuk menjadi seperti sekarang, disebabkan karena letusan Gunung Sunda pada jutaan tahun silam. 

Tidak jauh dari sana, ada Gua Pawon yang merupakan gua peninggalan nenek moyang orang Sunda yang berisi tulang belulang manusia. 

BACA JUGA:Rekomendasi Liburan Akhir Tahun, Ini 4 Tempat Wisata Air Terjun di Sumatera Selatan,Pesonanya Buat Terhipnotis

4. Museum Zoologi, Bogor

Destinasi arkeologi ini salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia. 

Museum Zoologi berada di Bogor, Jawa Barat yang merupakan destinasi wisata arkeologi dengan menyimpan koleksi yang lengkap, seperti spesimen fosil hewan dan replika dengan beragam bentuk. 

Koleksi-koleksi itu seperti 15.000 spesimen serangga, 30.000 spesimen mamalia, 20.000 spesimen dari reptil, hingga 30.000 lebih spesimen unggas. 

BACA JUGA:5 Objek Wisata Rekreasi dan Hiburan di Malang, Cocok Ajak si Kecil Liburan, Catat Ini Jam Buka dan Harga Tiket

Tak hanya itu, museum ini juga menyuguhkan replika dari hewan-hewan purbakala yang hidup di daratan Nusantara. 

Ini bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak yang cukup digemari. Selain itu, di museum ini juga terdapat fosil-fosil binatang purba, seperti dinosaurus.

5. Museum Sangiran

Destinasi wisata arkeologi terakhir yang bisa kamu kunjungi ialah Museum Sangiran yang berlokasi di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Museum ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO ini ditetapkan pada tanggal 6 Desember 1996. 

BACA JUGA:10 Objek Wisata Tahun Baru Bersejarah di Palembang, Ada yang Harus Lalui Jalan Berliku Tapi Pesonanya Memukau

Museum Sangiran menyimpan berbagai peninggalan kehidupan manusia purba dan menjadi museum koleksi manusia purba terlengkap di Asia. 

Adapun koleksinya mencapai 65 persen fosil homonid purba di Indonesia dan 50 persen di dunia. 

Berbagai koleksi yang disimpan di museum ini seperti fosil manusia purba, fosil binatang bertulang belakang, fosil binatang laut dan air tawar, serta artefak batu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: