Honda

Langkah Maju Menuju Sumsel Sejahtera, DIPA dan TKD 2024 Diserahkan Secara Digital

Langkah Maju Menuju Sumsel Sejahtera, DIPA dan TKD 2024 Diserahkan Secara Digital

Langkah Maju Menuju Sumsel Sejahtera, DIPA dan TKD 2024 Diserahkan Secara Digital-Djp Sumsel-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Terus kawal pembangunan Sumsel, DIPA dan TKD 2024 diserahkan secara digital.

Hari ini, Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni didampingi oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Rahmadi Murwanto, menyerahkan DIPA Kementerian/Lembaga serta Buku Alokasi TKD untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Namun dalam penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2024 kali ini ada yang berbeda, yang sebelumnya diserahkan secara fisik menjadi diserahkan secara digital. 

Meskipun di serahkan secara digital, namun secara prinsip tetap sama, kedua dokumen tersebut berperan sebagai acuan pelaksanaan anggaran dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan untuk periode tahun 2024, khususnya di Bumi Sriwijaya. 

BACA JUGA:APBN Kucurkan Rp3,11 Triliun Anggaran untuk Sumsel, Sektor Ini Jadi Prioritas!

Memasuki tahun 2024, APBN akan tetap mengambil peranan vital dan terdepan dalam rangka mengawal pembangunan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. 

Di tengah ketidakpastian global dan berbagai krisis yang menerpa Indonesia selama tahun 2023, APBN mampu untuk mengawal pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera Selatan tetap kuat dan stabil.

Tahun 2024 akan kembali menjadi ajang pembuktian bagi APBN dalam menjalankan peran dan fungsinya melalui pengalokasian anggaran yang berfokus pada peningkatan kualitas SDM, akselerasi pembangunan infrastruktur, serta pemerataan pembangunan melalui dana TKD.

Di tahun 2024, total Belanja Negara dialokasikan mencapai Rp3.325,1 trilun yang akan dipenuhi melalui Pendapatan Negara yang ditargetkan sebesar Rp2.802,3 triliun dan pembiayaan utang untuk menutup defisit sebesar Rp522,8 triliun (2,29% dari PDB). 

BACA JUGA:Palembang Punya 2 Pelabuhan Baru, Habiskan Dana APBN Senilai Rp182 Miliar, Lokasinya Disini

Dari besaran tersebut, Rp857,6 triliun secara khusus dialokasikan untuk Transfer ke Daerah sebagai bagian dari sinergi dan harmonisasi kebijakan fiskal antara pemerintah pusat dan daerah. 

Untuk wilayah Sumatera Selatan sendiri mendapatkan total alokasi pagu sebesar Rp51,24 triliun yang naik sebesar 10,31% dibandingkan dengan alokasi di tahun 2023. 

Alokasi tersebut terbagi sebesar Rp19,58 triliun untuk alokasi DIPA Satuan Kerja Pemerintah Pusat di wilayah Sumatera Selatan dan Rp31,66 triliun untuk alokasi TKD untuk Pemerintah Daerah di wilayah Sumatera Selatan. 

Beberapa satuan kerja pemerintah pusat di wilayah Sumatera Selatan yang mendapatkan alokasi DIPA tertinggi tahun 2024 adalah Kementerian PUPR (Rp6,83 triliun), Kementerian Perhubungan (Rp1,87triliun), dan POLRI (Rp1,78 triliun), Kementerian Pertahanan (Rp1,68 triliun), Kementerian Agama (Rp1,4 triliun), Kementerian Pendidikan (Rp1,29 triliun), Kementerian Kesehatan (Rp1,28 triliun), Komisi Pemilihan Umum (Rp763,13 miliar), Kementerian Hukum dan HAM (Rp354,88 miliar, dan Kejaksaan RI (Rp251,8 miliar). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: