Honda

Tampil Lebih Percaya Diri! Ini 3 Jenis Dark Spot Pada Wajah dan Cara Menghilangkannya

Tampil Lebih Percaya Diri! Ini 3 Jenis Dark Spot Pada Wajah dan Cara Menghilangkannya

Tampil Lebih Percaya Diri! Ini 3 Jenis Dark Spot Pada Wajah dan Cara Menghilangkannya-freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Tampil lebih percaya diri! ini 3 jenis dark spot pada wajah dan cara menghilangkannya.

Kulit wajah termasuk bagian tubuh yang paling sering mengalami berbagai macam masalah. 

Baik itu masalah jerawat, kerutan, kantung mata, ataupun Dark spot. 

Dark spot ini seringkali mendapatkan perhatian yang serius, karena keberadaannya dapat mempengaruhi penampilan kulit wajah, sehingga dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri jika melihat wajahnya di kaca, terutama saat bertemu dengan orang lain.

BACA JUGA:Jangan Keliru Lagi, Inilah 5 Cara Membuat Masker Kunyit agar Tidak Kuning di Wajah,Bikin Glowing dan Awet Muda

Lalu, apa itu Dark spot dan bagaimana cara menghilangkannya? Simak penjelasannya selengkapnya yang ada pada artikel di bawah ini.

Dark Spot Adalah Bercak Gelap atau bintik hitam pada kulit yang disebabkan oleh penuaan atau terpapar sinar matahari yang berlebihan. 

Bintik hitam atau dark spot adalah area kulit yang berwarna hitam, coklat, atau kuning.

Bintik hitam atau Dark spot ini biasanya muncul pada wajah, akan tetapi seringkali juga ditemui pada tangan dan juga lengan, dengan ukuran yang bermacam-macam, mulai dari ukuran yang kecil hingga yang besar.

Tanda-tanda bintik hitam atau Dark spot dapat berbeda tergantung pada penyebabnya.

Adapun tanda-tanda umum yang dapat kita temui antara lain: Perubahan warna pada kulit, Kulit yang warnanya tidak merata, Peningkatan pigmen (warna) pada kulit, Rasa gatal atau terbakar, dan juga Mudah memar atau berdarah.

BACA JUGA:6 Manfaat Ceramide untuk Perawatan Kulit Wajah, Siap Bantu Perbaiki Skin Barrier Kamu yang Rusak!

JENIS DARK SPOT ATAU BINTIK HITAM

1. Sun Spot atau Age Spot

Sunspot atau yang biasa disebut dengan Bintik Matahari adalah bintik hitam atau warna gelap pada kulit yang disebabkan oleh sering terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang panjang dan lama. 

Biasanya jenis dark spot ini muncul saat seseorang berusia 40 sampai dengan 50 tahun. 

Bintik-bintik ini, juga disebut lentigo solar atau bintik hati, terpapar sinar ultraviolet dan biasanya akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Akan tetapi sekarang ini sering ditemukan munculnya pada seseorang yang usianya lebih muda, hal ini dikarenakan orang tersebut seringkali berada di bawah sinar matahari secara langsung terutama pada saat sinar ultraviolet sedang tinggi tingginya, yaitu pada jam 10.00 pagi hingga pukul 05.00 sore.

Dark spot jenis ini tidak hanya muncul pada kulit wajah, akan tetapi bisa juga muncul di lengan tangan ataupun pada punggung tangan. 

Warnanya bisa coklat terang hingga kehitaman, dan bentuknya juga bisa bulat dan juga berbentuk oval atau irregular.

BACA JUGA:No Abu-Abu! Ini 6 Rekomendasi Skin Tint yang Bagus, Ringan dan Flawless, Bikin Wajah Auto Sehat dan Glowing

2. Melasma atau Chloasma

Melasma atau Chloasma adalah perubahan warna kulit wajah yang sering terjadi pada masa reproduksi. 

Bercak coklat hingga abu-abu ini muncul karena pengaruh hormon selama kehamilan, paparan sinar matahari / Ultraviolet, dan juga penggunaan produk kosmetik.

Biasanya melasma ini dialami oleh orang yang mempunyai kulit lebih gelap.

Pasalnya Orang-orang yang berkulit lebih gelap sebab memiliki melanosit yang lebih aktif. 

Riwayat keluarga, bila Anda memiliki orang tua yang terkena kondisi ini, berisiko mengalami hal yang sama akan lebih tinggi.

Melasma ditemukan pada 15% - 50% wanita hamil, Meskipun tampak tidak berbahaya bagi kesehatan, akan tetapi kondisi kulit ini seringkali membuat pengidapnya tidak percaya diri.

BACA JUGA:Kencangkan Kulit Wajah Secara Alami, Inilah 20 Tips Agar Terlihat Awet Muda

3. Post-inflammatory Hyperpigmentation atau PIH

Hiperpigmentasi pasca-peradangan atau PIH  biasanya terjadi setelah munculnya jerawat atau peradangan kulit. 

Bekas jerawat tersebut akan meninggalkan bercak berwarna merah hingga coklat pada kulit.

Warna bercak tergantung pada warna kulit dan bisa berbeda-beda. 

Meskipun biasanya memudar seiring waktu, terkadang membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan hingga berbulan-bulan.

Untuk mengobatinya, perlu mengetahui akar penyebab jerawatnya terlebih dulu, sambil melindungi kulit dari sinar UV dengan menggunakan tabir surya untuk mencegah bercak menjadi lebih gelap dan sulit hilang.

 

CARA MENGHILANGKAN DARK SPOT 

Pengobatan untuk menghilangkan Dark spot bisa saja bervariasi, hal ini tergantung dari penyebab, ukuran, dan lokasi Dark spot atau bintik hitam di tubuh.

Meskipun bintik gelap pada kulit tidak selalu perlu diatasi, beberapa orang mungkin tetap ingin menghilangkannya untuk alasan estetika.

Apabila kamu memiliki Dark spot pada wajah, berikut adalah beberapa saran pengobatan yang bisa diberikan oleh seorang dokter kulit:

1. Laser

Terapi laser pada saat ini menjadi pilihan populer untuk mengatasi perubahan warna kulit, melibatkan penggunaan sinar laser yang difokuskan pada bintik-bintik berwarna. 

Jika kamu ingin melakukan tindakan ini, pastikan tindakannya dilakukan ditempat yang legal dan dikerjakan oleh seorang dokter kulit.

 

2. Microdermabrasion

Microdermabrasion melibatkan penggunaan peralatan khusus oleh dokter kulit untuk mengangkat lapisan atas kulit dengan lembut untuk mengangkat lapisan sel kulit mati yang menumpuk, membuat kulit lebih kenyal, serta menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Proses ini bertujuan mencerahkan bekas jerawat, bintik matahari, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

Prosedur ini aman dilakukan pada semua orang, asalkan dikerjakan oleh dokter kulit atau tenaga kesehatan yang berpengalaman.

 

3. Chemical Peels

Chemical peels melibatkan pengangkatan lapisan atas kulit untuk merangsang regenerasi kulit.

Peeling kimia yang dilakukan oleh profesional lebih efektif daripada eksfolian yang bisa dibeli bebas. 

Akan tetapi, prosedur ini membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama daripada prosedur yang telah dijelaskan di atas.

 

4. Resep obat

Pada saat kamu mendatangi seorang dokter kulit untuk menghilangkan bintik hitam yang ada pada kulitmu, maka dokter kulit akan memberikan resep untuk menghilangkan bintik hitam tersebut. 

Namun penggunaan resep obat tersebut akan memberikan hasil yang lebih lama dibandingkan dengan dilakukan tindakan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Itulah tadi penjelasan mengenai Dark spot. Untuk menghindari munculnya dark spot pada kulit, terutama kulit wajah, maka sebaiknya kamu selalu menggunakan sunscreen. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: