Honda

Fakta Unik Kantung Induk Hewan Kangguru, Ternyata Tidak Dimiliki Sejak Lahir

Fakta Unik Kantung Induk Hewan Kangguru, Ternyata Tidak Dimiliki Sejak Lahir

Fakta Unik Kantung Induk Hewan Kangguru Ternyata Tidak Dimiliki Sejak Lahir--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pada kesempatan kali ini kita akan membahas fakta unik hewan kanguru atau kangguru, yuk simak ulasannya.

1. Induk kangguru membersihkan kantungnya

Kangguru bisa diam di dalam kantung induknya selama 8 bulan, dalam periode waktu tersebut kangguru buang air kecil dan besar juga membawa kotoran dari luar ke dalam kantung.

Sehingga induknya harus membersihkan kantongnya induk, kangguru akan membersihkan kantung dengan cara menjulurkan kepalanya ke dalam kantong dan menggunakan lidahnya untuk mengikis kotoran. 

2. hanya kangguru betina yang memiliki kantung

Ternyata hanya kangguru betina yang punya kantong artinya kanguru jantan nggak memiliki kantong di perutnya.

Hal ini disebabkan karena kangguru jantan tidak dapat menghasilkan kelenjar susu dan tidak dapat menyusui bayi kangguru, nah itulah fakta-fakta menarik tentang kantong kanguru yang dikenal dapat menyimpan anak-anaknya.

3. Kapasita kantung Kangguru

Kantung kangguru memiliki kapasitas besar yang mana kantung betina bisa menampung anak kangguru yang berusia 10 bulan dengan berat 6 kg, kapasitas yang besar membuat satu induk kangguru dapat membawa dua anak kangguru dalam kantongnya.

4. Fungsi kantong kangguru

Kantung kanguru berfungsi sebagai tempat perkembangbiakan anaknya, di dalam kantung kangguru terdapat empat puting susu yang memberikan nutrisi bagi anaknya.

Dimana anak kangguru yang baru lahir tak lebih dari sekadar mulut dan sepasang kaki depan berotot yang melekat pada tubuh seukuran kacang anak kangguru masuk ke dalam kantong induknya menyusu sekitar 4-5 bulan hingga tubuhnya sempurna dan dapat menjelajah. 

5. Kangguru tidak terlahir dengan kantung

Tahukah kamu kangguru tidak terlahir dengan kantung membuat betina dan jantan sulit untuk dibedakan, kantung kangguru betina baru berkembang pada usia 27 hari dan terus berkembang hingga betina pada usia matang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: