Honda

Gerbang Menuju IKN, Jembatan Ratusan Miliar di Kalimantan Selatan Ini Malah Mangkrak, Bakal Dilanjutkan?

Gerbang Menuju IKN, Jembatan Ratusan Miliar di Kalimantan Selatan Ini Malah Mangkrak, Bakal Dilanjutkan?

Ilustrasi proyek jembatan gerbang menuju IKN yang sempat mangkrak di Kalimantan Selatan-pixabay-

Kepala Dinas PUPR Kalimantan Selatan menuturkan penentuan desain dan mekanisme pembiayaan jembatan ini telah diselesaikan pada tahun 2023 lalu.

Pemprov Kalimantan Selatan bakal menggelontorkan dana sebesar Rp300 miliar untuk melanjutkan proyek pembangunan jembatan.

BACA JUGA:Ingin Menghilangkan Tato di Tubuh, Gunakan Metode Laser, Aman Cepat dan Efektif

BACA JUGA:Cek Daftar Bantuan Sosial yang Disetop Penyalurannya Mulai Hari Ini

Bukan itu saja, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kota Baru juga akan menyediakan dana masing-masing Rp100 miliar.

Untuk desainnya ada dua opsi yang ditawarkan.

Pertama, menggunakan desain Detail Engineering Design (DED) tahun 2015, yang membutuhkan dana sekitar Rp5 triliun dengan ketinggian jembatan 80 meter.

Kedua, menggunakan desain dari Kementerian PUPR tahun 2020 yang membutuhkan dana sekitar Rp2,1 hingga Rp2,5 triliun dengan ketinggian jembatan 21,4 meter.

BACA JUGA:10 Tanaman Khas Imlek Pembawa Hoki, Segera Tanam di Rumah!

BACA JUGA:8 Objek Wisata Alam di Salatiga yang Cocok untuk Libur Imlek 2024, Pesona Alamnya Bisa Melepas Penat

Pemprov Kalimantan Selatan sendiri tentunya akan memilih desain yang paling efisien dan efektif, sesuai dengan kondisi lapangan dan anggaran yang tersedia.

Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat segera teratasi, lantaran mempunyai manfaat yang besar bagi masyarakat khususnya di wilayah pesisir.

Proyek ini juga akan menjadi salah satu infrastruktur strategis yang mendukung Kalimantan Selatan sebagai gerbang menuju IKN.

Jembatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan pariwisata di daerah ini, karena akan mempermudah akses ke Pulau Laut dengan potensi wisata luar biasa.

BACA JUGA:Burung Perkutut Berkicau Menjelang Subuh Mengisyaratkan Bahaya, Benarkah? Cek Jawabannya di Sini

BACA JUGA:Timnas Indonesia U20 Tahan Imbang Suwon FC, Skor akhir Laga Ujicoba 0-0

Dalam memulai pengerjaan jembatan, setidaknya Pemprov Kalimantan Selatan mengalokasikan dana sebesar Rp100 miliar untuk pembebasan lahan.

Kemudian, di lokasi pembangunan sudah terpasang tiang pancang untuk menunjukkan kesiapan proyek ini bakal dilanjutkan kembali.

Demikian informasi mengenai proyek jembatan ratusan miliar di Kalimantan Selatan yang mangkrak dan bakal dilanjutkan kembali. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: