Honda

Telan Dana Rp561 Miliar, Kaltim Dapat Perbaikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah

Telan Dana Rp561 Miliar, Kaltim Dapat Perbaikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah

Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Peresmian dilakukan di ruas jalan akses ke Wisata Goa Batu - Tapak Raja di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara -tangkapan layar sahabat.pu.go.id-

PALPRES.COM – Kalimantan Timur mendapatkan perbaikan 10 jalan dan 1 jembatan dari pemerintah yang dilaksanakan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD).

Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Peresmian dilakukan di ruas jalan akses ke Wisata Goa Batu - Tapak Raja di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara pada Jumat 1 Maret 2024 lalu.

Presiden Jokowi mengungkapkan jika perbaikan ini menelan dana yang cukup besar. 

BACA JUGA:Sukseskan Mudik Lebaran 2024, Jembatan Tol Rp2 Triliun di Semarang Dikebut Pengerjaannya

BACA JUGA:Uniknya Jalan Tol Diatas Laut Terpanjang di Indonesia, Apa Keistimewaannya?

"Sepuluh ruas jalan ditambah satu jembatan di Provinsi Kalimantan Timur sepanjang 50,9 km telah dibangun dengan biaya Rp561 miliar," kata Presiden Jokowi dikutip dari laman resmi sahabat.pu.go.id.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengungkapkan jika perbaikan 10 ruas jalan sepanjang total 50,93 km dan 1 jembatan sepanjang 20 meter di Kalimantan Timur ini dilaksanakan seluruhnya melalui APBN tahun anggaran 2023.

Diterangkannya, jalan-jalan daerah ini sangat diperlukan guna mendukung akses mobilisasi menuju kawasan produktif, termasuk di sekitar IKN Nusantara.

"Perbaikan jalan ini untuk mendukung konektivitas menuju kawasan-kawasan produktif, termasuk kawasan IKN dengan daerah-daerah sekitarnya.

BACA JUGA:Mangkrak Kurang Dana, Tol Gilimanuk - Mengwi Sepanjang 96,84 KM Akan Dilanjutkan, Kapan Dimulai?

BACA JUGA:Hilal Awal Ramadan 1445 H Masih Rendah, Secara Teori Tidak Terukyat, Awal Puasa Mulai 12 Maret 2024

Jalan-jalan ini akan memudahkan warga di daerah ini untuk menjual hasil perkebunan dan pertaniannya ke IKN agar dapat mendukung perekonomian masyarakat setempat," ujar Hedy. 

Sepuluh ruas jalan yang diperbaiki yaitu jalan Riko-Maridan dan jalan akses ke destinasi wisata Goa Batu-Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara, jalan Loleng di Kabupaten Kutai Kartanegara, jalan Simpang Batu-Laburan di Kabupaten Paser, jalan Simpang Poros (Pom Bensin)-Tanjung Isuy- Tj. Jan-Pulau Lanting di Kabupaten Kutai Barat, jalan Proklamasi di Kota Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: