Honda

Sempat Mangkrak, Proyek Jalan Tol di Padang Sepanjang 43 Km Jalan Lagi, Bakal Punya 3 Terowongan

Sempat Mangkrak, Proyek Jalan Tol di Padang Sepanjang 43 Km Jalan Lagi, Bakal Punya 3 Terowongan

Sempat Mangkrak, Proyek Jalan Tol di Padang Sepanjang 43 Km Jalan Lagi, Bakal Punya 3 Terowongan -freepik-

Proses pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan yang merupakan rangkaian dari Jalan Tol Padang Pekanbaru ini dimulai dengan Groundbreaking pembangunanya dari Seksi 1 Jalan Tol Padang-Sicincin pada bulan Februari 2018.

Jalan Tol ini direncakan memiliki 4 alternatif yaitu trase 1, Trase 2, Trase 3, Trase 4 adapun trase 1 memiliki jarak yang lebih dekat dibandingkan dengan trase lainnya.

Untuk trase 1 akan melewati Lima Nagari Koto Baru Simalanggang, Nagari Koto Tangah Simalanggang, Nagari Taeh Baruah, Nagari Lubuak Batingkok dan Nagari Gurun.

BACA JUGA:Ternyata Molor, Jalan Tol Palembang - Betung Tuntas Pada 2025, Cek Faktanya!

BACA JUGA:Sumsel Tak Henti Berinovasi, Ruas Jalan Tol Indralaya Prabumulih Dibangun dengan Teknologi Ini

Setelah empat tahun tertunda, pada tahun ini baru akan dimulai persiapan pembangunan jalan tol Payakumbuh-Pangkalan termasuk mengkaji sejumlah aspek, seperti lingkungan pada rencana jalan tol Payakumbuh Pangkalan Paket 2 dan Paket 3, termasuk pembangunan 3 buah terowongan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan dukungan terhadap pembangunan jalan tol Payakumbuh-Pangkalan ini yang termasuk dalam proyek strategis nasional. 

Terkait kendala lahan, Pemprov Sumbar akan membantu penyelesaian permasalahan di masyarakat baik masalah pembebasan tanah maupun penolakan pembangunan jalan tol.

BACA JUGA:Riau Terus Berbenah, Garap Pembangunan Jalan Tol Senilai Rp60 Triliun, Kapan Rampung?

BACA JUGA:Konservasi Ikan Belida Sebagai Spesies Terancam Punah di Indonesia, Kilang Pertamina Plaju Sabet Penghargaan

Pemerintah RI berambisi memperjuangkan megaproyek Jalan Tol Padang - Pekanbaru.

Walaupun biaya investasi pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru sangat mahal, Pemerintah RI seolah dana bukan sebuah hambatan.

Ditambah lagi dana pembebasan lahan yang besar harus digelontorkan, tentunya ada alasan kuat dibalik getolnya pembangunan ruas tol tersebut.

Diketahui, megaproyek Jalan Tol Padang - Pekanbaru ini diperkirakan akan menelan dana investasi mencapai Rp78,09 triliun.

BACA JUGA:Ternyata BLT Mitigasi Risiko Pangan Batal Cair? Cek Faktanya

Mahalnya biaya proyek ini mendorong Pemerintah RI hingga meminjam dana ke Pemerintah Jepang senilai Rp9,1 triliun.

Dana pinjaman tersebut bakal digunakan untuk biaya pembangunan ruas tol sepanjang 40 kilometer.

Pemerintah Jepang juga menyatakan komitmennya dalam membiayai sebagian kontruksi yaitu sepanjang 40 kilometer.

Mencakup pula di lintasan tersebut kebutuhan kontruksi sebuah terowongan tol yang bakal menembus perut Bukit Barisan.

BACA JUGA:Pemkab Muba Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif kepada Keluarga Penerima Manfaat, Ini Harapannya

Harapannya, terowongan tol yang menjadi bagian ruas Jalan Tol Padang - Pekanbaru ini dapat memangkas 11 kilometer jarak tempuh normalnya.

Kabar terbaru, kontruksi Jalan Tol Padang - Pekanbaru ini tengah dalam progres on the way.

Pembangunanya akan dimulai dari Seksi Padang - Sicincin yang bakal menjadi tol pertama kebanggan masyarakat Sumatera Barat.

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: