Citraland
Honda

Posisi Ideal Tuas Transmisi Mobil Matik Saat Terjebak Macet, Ada di D, N, Atau P?

Posisi Ideal Tuas Transmisi Mobil Matik Saat Terjebak Macet, Ada di D, N, Atau P?

Posisi ideal tuas transmisi matik saat terjebak macet, ada di D, N, atau P? --

Saat posisi D, rem diinjak dan mobil berhenti.

Saat itu terjadi gesekan antara kampas matik, sehingga mobil rawan selip. 

BACA JUGA:3 Fakta Menarik Tentang Vespa Primavera dan Sprint yang Rilis Dengan Fitur Terbaru, dan Lebih Menarik

BACA JUGA:4 Mobil Terbaik 2024 dengan Harga Dibawah 200 Juta, Nomor 3 Hemat Bahan Bakar

Boleh saja membiarkan tuas tetap di D, asalkan kondisi lalu lintas ramai lancar. 

Secara teknis, posisi transmisi di D, N, atau P saat macet tidak akan merusak mobil

Jika kemacetan ternyata parah, sehingga memaksa mobil berhenti lebih lama, sebaiknya transmisi di posisi N (Netral). 

Kemudian aktifkan rem tangan.

Terjebak macet lama di sini kalau mobil dalam kondisi berhenti lebih dari dua menit. 

Posisi N lebih aman, karena kaki pengemudi bisa bebas lepas dari pedal rem tanpa khawatir mobil melaju. 

Kemudian kalau tidak sengaja menginjak pedal gas pun, rem tangan yang aktif bisa mencegah akselerasi.

Bagaimana dengan posisi transmisi mobil matik saat macet di P (Parking)? 

Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, sesungguhnya itu tidak masalah secara teknis.

Hanya saja, kalau di P, perjalanan tuas transmisi dari D ke P itu lebih jauh dibandingkan ke N. 

Apalagi kalau mau ke P, harus lewat gigi R (rear) atau mundur terlebih dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: