Honda

Resmikan Kantor Bersama Samsat Palembang IV, Kapolda Sumsel: Pelayanan Masyarakat Mesti Ditingkatkan

Resmikan Kantor Bersama Samsat Palembang IV, Kapolda Sumsel: Pelayanan Masyarakat Mesti Ditingkatkan

Kapolda Irjen A Rachmad Wibowo ketika memberikan kata sambutan pada peresmian gedung kantor UPTB PPD wilayah Palembang IV atau kantor bersama Samsat Palembang IV oleh PJ Gubernur Sumsel Dr Drs A Fatoni pada Kamis 2 Mei 2024-humas polda sumsel-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kegiatan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor telah dilakukan Polri sejak Indonesia belum Merdeka.

Dari zaman pemerintahan kolonial Belanda hingga Inggris yang mengatur administrasi di Indonesia.

Hal ini ditandai dengan ditemukannya teknologi mesin uap di daratan Eropa.

Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen A Rachmad Wibowo SIK mengungkapkan sejak masa itu sudah mulai banyak kendaraan yang dibawa oleh orang Belanda masuk ke Indonesia.

BACA JUGA:Polda Sumsel Dukung Penuh Kongres Nasional ke 33 MPKRI

BACA JUGA:Kapolri Terima Kasih ke Buruh Rangkaian Aksi May Day Berjalan Lancar

Sehingga di era tahun 1899 atau tepatnya tahun 1900 atau 124 tahun yang lalu telah diatur registrasi kendaraan bermotor oleh Belanda dan itu terus berlanjut hingga saat ini dan seterusnya.

Pernyataan ini diungkapkan Kapolda Irjen A Rachmad Wibowo ketika memberikan kata sambutan pada peresmian gedung kantor UPTB PPD wilayah Palembang IV atau kantor bersama Samsat Palembang IV oleh PJ Gubernur Sumsel Dr Drs A Fatoni pada Kamis 2 Mei 2024.

Irjen A Rachmad Wibowo menyebutkan dalam melakukan pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, kantor yang pembangunannya menelan biaya sebesar 20 milyar tersebut, petugas bersama akan melayani beberapa fasilitas seperti pendaftaran kendaraan baru, balik nama ganti warna, pindah alamat dan lain sebagainya. 

“Kantor ini menyediakan fasilitas pelayanan bersama mulai dari pendaftaran kendaraan baru, perpanjangan surat kendaraan (STNK), cek fisik, balik nama, penggantian nomor polisi, perubahan bentuk dan ganti warna.

BACA JUGA:Kapolda Sumatera Selatan: Selamat Hari Buruh! Kerjasama yang Solid Ciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

BACA JUGA:Langkah Strategis Ciptakan Lingkungan Kondusif, PT Mitra Aneka Rezeki dan Polda Sumsel Teken Nota Kesepahaman

Pelayanan akan dilakukan oleh petugas dari Ditlantas Polda Sumsel, Bapeda Provinsi Sumsel, Jasa Raharja, dan Bank Sumsel Babel,” ungkap Rachmad Wibowo.

Lebih lanjut mantan Dirsiber Bareskrim Polri menyebutkan jika rata rata, 60% pendapatan asli daerah di seluruh kabupaten kota dan provinsi di seluruh Indonesia didapat dari sektor registrasi kendaraan bermotor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: