Honda

Sudah Injak Pedal Gas Tapi Mobil Kok Gak Mau Jalan, Mengapa?

Sudah Injak Pedal Gas Tapi Mobil Kok Gak Mau Jalan, Mengapa?

Ketahui penyebab mobil tidak mau jalan meski sudah digas. -Freepik.com-

PALPRES.COM - Sudah injak pedal gas tapi mobil gak mau jalan, ini bukan merupakan kondisi normal. 

Sudah jelas ada masalah pada mobilmu. 

Berdasarkan pengalaman, mobil yang tidak jalan saat pedal gas diinjak biasanya mengalami permasalahan di sistem transmisi

Terlepas kendaraan itu trasmisi manual atau matic.

BACA JUGA:Gunakan Teknologi Canggih, Simak Spesifikasi Dari Motor Suzuki Avenis 125 yang Kepalanya Menyerupai Hewan

BACA JUGA:TEMBUS 1 MILIAR! 7 Motor Jadul Ini Paling Dicari Kolektor Tahun 2024

Saat pengemudi menginjak pedal gas, sensor akan mendeteksi gerakan tersebut dan mengirimkan sinyal ke unit kontrol mesin.

Selanjutnya unit kontrol mesin akan meningkatkan suplai bahan bakar ke mesin, memicu peningkatan putaran mesin, dan kecepatan kendaraan. 

Pengemudi dapat mengatur seberapa dalam pedal gas diinjak untuk mengendalikan kecepatan mobil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan.

Sayangnya, terkadang pedal gas mobil dapat mengalami masalah.

BACA JUGA:Bosan dengan Model Motor Itu-itu Aja, Intip Modifikasi Canggih Honda PCX160 Peraih Juara HMC

BACA JUGA:5 Mobil Klasik Rilis Tahun 80an yang Saat Ini Masih Diburu Para Kolektor, Nomor 4 Ga Nyangka Banget

Jangan abaikan permasalahan ini. 

Sebab bisa menyebabkan kecelakan karena mobil tiba-tiba kehilangan kecepatan.

Risiko ditabrak sangat besar apabila kendaraan yang di belakang tidak jaga jarak. 

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 6 penyebab mobil digas tidak mau jalan. 

BACA JUGA:5 Mobil Lawas Ini Masih Dicari Kolektor, Harganya Capai MIliaran

Umumnya terjadi karena faktor human error, salah satunya adalah kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil, khususnya pada bagian transmisi.

 

1. Posisi gear tidak tepat

Mobil digas tidak mau jalan penyebabnya karena posisi gear yang tidak tepat. 

Saat mobil hendak dijalankan, maka tuas transmisi harus digeser ke gear atau gigi 1 pada transmisi manual.

Atau ke posisi D di mobil matic.

Kalau gear ada di posis netral, mobil tidak akan berjalan. 

 

2. Kopling mobil aus

Pada sistem transmisi kendaraan terdapat sebuah komponen yang bernama clutch disk.

Komponen ini memiliki peran vital untuk menyalurkan daya yang dihasilkan oleh mesin menuju sistem transmisi mobil. 

Kalau clutch disk mengalami keausan, maka tenaga yang dihasilkan mesin tidak bisa disalurkan ke sistem transmisi kendaraan. 

Akibatnya mobil tidak bisa jalan meski sudah digas dalam-dalam.

 

3. Kopling mobil selip

Kondisi kopling mobil selip juga bisa jadi penyebab mobil tidak mau jalan meski sudah digas. 

Kopling mobil selip adalah sebuah kondisi dimana kampas kopling tidak bisa memutar transmisi, sehingga menyebabkan perpindahan gear sulit dilakukan.

 

4. Kerusakan pada sensor

Penyebab mobil digas tidak mau jalan berikutnya adalah terjadinya kerusakan pada sensor kendaraan. 

Dewasa ini mobil banyak menggunakan sensor. 

Sensor ini akan memberikan sinyal kepada pengendara jika terjadi malfunction.

Pada saat sensor bermasalah, maka informasi yang didapat tidak bisa disalurkan ke pusat pengendali, Electronic Control Unit (ECU). 

Jika sensor ini berkaitan dengan sistem transmisi, maka tidak menutup kemungkinan mobil menjadi tidak bisa jalan.

 

5. Kebocoran oli transmisi

Ada banyak penyebab oli transmisi sampai bocor. 

Bisa jadi oli jarang diganti atau benturan yang menyebabkan bak oli mengalami keretakan. 

Jika oli transmisi ini berkurang volumenya, maka akan membuat perpindahan gigi menjadi bermasalah.

 

6. Sistem pembakaran mengalami masalah

Penyebab mobil digas tidak mau jalan yang terakhir adalah terjadinya masalah pada sistem pembakaran, seperti filter udara yang buruk, busi mati, atau kerusakan pada salah satu komponen mobil. 

Pada saat sistem pembakaran bermasalah, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak cukup untuk menjalankan mobil.

 

Kalau permasalahan mobil digas tapi tidak mau jalan karena kerusakan sistem transmisi, solusinya adalah lakukan perawatan berkala.  

Gantilah oli transmisi sesuai dengan rekomendasi pabrikan setiap kendaraan menempuh jarak 40.000 km atau kurang jika traffic yang dilalui sering padat.

Bagi pemilik mobil dengan transmisi manual selain oli transmisi, oli gardan juga wajib diganti secara berkala. 

Pastikan melakukan pergantian pada komponen transmisi yang telah aus agar penyaluran tenaga gerak dari mesin mobil ke roda bisa berjalan dengan maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: