Honda

6 Jurusan Kuliah yang Gampang Dapat Kerja, Prospek Karirnya Paling Dibutuhkan

6 Jurusan Kuliah yang Gampang Dapat Kerja, Prospek Karirnya Paling Dibutuhkan

Jurusan Kuliah yang Gampang Dapat Kerja-Freepik-

PALPRES.COM - Saat memilih jurusan kuliah, salah satu pertimbangan yang penting yaitu prospek karir yang terbuka lebar setelah lulus. 

Beberapa jurusan menawarkan prospek karir yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri dan sehari-hari. 

Meskipun mencari pekerjaan tidak selalu mudah, ada beberapa jurusan yang dianggap memiliki peluang kerja yang lebih baik daripada yang lain. 

Jurusan-jurusan ini memberikan latar belakang pendidikan yang diperlukan untuk memasuki berbagai bidang pekerjaan yang beragam.

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah di Bidang IPA yang Jarang Diminati Calon Mahasiswa, Bisa Jadi Peluang Besar Bagi Camaba 2024

BACA JUGA:Prospek Kerja yang Unik, Ini 7 Jurusan Kuliah yang Dianggap Paling Keren di Indonesia, Kamu Berminat?

Berikut sejumlah jurusan kuliah yang dianggap gampang dapat kerja setelah lulus.

1. Fotografi

Jurusan Fotografi adalah salah satu jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang sangat tinggi dan cepat setelah lulus.

Jurusan ini menawarkan berbagai kemampuan dan keahlian yang diperlukan dalam bidang fotografi, seperti kemampuan memotret, pemikiran out of the box, komunikasi, problem solving, dan pemahaman ilmu fotografi. 

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah yang Tidak Bisa Digantikan oleh AI, Keahliannya Berguna Sampai Kapanpun!

BACA JUGA:Harus Kreatif! Ini 6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam, Kamu Salah Satunya?

Setelah lulus, lulusan Jurusan Fotografi dapat bekerja sebagai berbagai profesi, seperti fotojurnalis, fotografer digital, fotografer pernikahan, fotografer event, fotografer wisata, fotografer fashion, fotografer produk, dan lain-lain.

2. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer sebagai jurusan kuliah dikategorikan sebagai salah satu yang paling gampang dapat kerja karena memiliki prospek karier yang luas dan menjanjikan. 

Jurusan ini memberikan peluang bagi lulusannya untuk memilih dari berbagai posisi karier yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komputasi. 

BACA JUGA:Minim Sains dan Menghitung, Ini 6 Jurusan Kuliah yang Katanya Paling Santai dan Mudah, Benarkah?

BACA JUGA:7 Jurusan Kuliah D3 dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Lulus dari Sini Auto Mudah Dapat Pekerjaan

Beberapa contoh pekerjaan yang dapat diambil oleh lulusan Ilmu Komputer antara lain adalah sebagai software developer, programmer, web developer, dan lain-lain.

3. Tata Boga

Tata Boga sebagai jurusan kuliah yang gampang dapat kerja karena mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. 

Jurusan ini mencakup pengetahuan di bidang praktik dan teori, serta melibatkan kegiatan mencicipi dan memasak sebagai bagian dari proses belajar. 

BACA JUGA:Perempuan Auto Jadi Primadona, Ini 5 Jurusan Kuliah yang Didominasi Laki-laki, All In Teknik!

BACA JUGA:5 Lulusan Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja di Perusahaan Microsoft, Apa Saja?

Lulusan Tata Boga memiliki prospek kerja yang luas seperti menjadi manajer layanan makanan, barista, dekorator kue, baker, chef, kepala koki, pramusaji, dan masih banyak lagi.

4. Tata Busana

Tata Busana sebagai jurusan kuliah yang relatif mudah diterima kerja adalah karena jurusan ini memberikan pelatihan ydalam berbagai aspek desain, produksi, dan manajemen bisnis fashion. 

Jurusan ini tidak hanya mengajarkan teknik dasar seperti membuat pola, menjahit, dan desain, tetapi juga membahas analisis tren, marketing, dan manajemen bisnis fashion.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah untuk Para Gen Z yang Serba Digital, Prospek Kerja Lulusannya Paling Dibutuhkan di Masa Depan

BACA JUGA:7 Jurusan Kuliah di Rumpun Saintek yang Minim Menghitung, Cocok untuk Lulusan IPA yang Tidak Suka Matematika

Selain itu, mereka juga dapat berwirausaha dengan mengembangkan merk fashion sendiri atau bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki merk ternama di dunia. 

5. Farmasi

Farmasi sebagai jurusan kuliah yang relatif mudah diterima kerja karena memiliki prospek kerja yang luas dan beragam. 

Lulusan farmasi juga dapat diterima di bidang lain seperti industri makanan dan kosmetik, serta memiliki peluang untuk membuka usaha sendiri seperti apotek. 

BACA JUGA:Wajib di Pertimbangkan! Inilah 4 Jurusan Kuliah Paling Santai di Indonesia, Nomor 2 Bikin Terbiasa Traveling

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah Paling Diincar Maba di UI, Jadi Referensi untuk Masuk Universitas, Segini Daya Tampungnya

Selain itu, farmasi juga menawarkan beberapa peminatan untuk fokus pada bidang yang spesifik, seperti farmasi sains dan teknologi, farmasi industri, farmasi klinik, dan farmasi bahan alam. 

6. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi sebagai jurusan kuliah di Indonesia adalah salah satu program studi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. 

Hal ini disebabkan karena komunikasi adalah salah satu bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Lulusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti public relations, copywriter, penyiar radio, jurnalis, reporter, marketing communication, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: