Honda

Kunjungi Stan Gambo Muba, Pj Gubernur Sumsel Beri Motivasi Ini pada Pengrajin

Kunjungi Stan Gambo Muba, Pj Gubernur Sumsel Beri Motivasi Ini pada Pengrajin

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni saat mengunjungi stan asal Kabupaten Musi Banyuasin yang mengikuti Expo HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis 16 Mei 2024 -Dinkominfo Muba-

SOLO, PALPRES.COM  - Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengunjungi stan asal Kabupaten Musi Banyuasin yang mengikuti Expo HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Pura Mangkunegaran SOLO, Kamis 16 Mei 2024 

Kunjungan Pj Gubernur yang didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel Hj Tyas Fatoni ini, disambut oleh Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah SSos MSi.

Dalam kesempatan itu, Agus Fatoni berkesempatan berbincang dengan salah satu pengrajin kain jumputan Gambo asal Muba yang memang diikutsertakan dalam pameran tersebut. 

Ia berpesan agar para pengrajin dapat memanfaatkan momentum even nasional ini, untuk memajukan produk kerajinan asal Provinsi Sumatera Selatan khususnya dari Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Yamaha Mio Sporty Warna Langka dan Nyentrik Bikin Melirik, Harga Ga Masuk Akal

BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT Mei 2024 Segera Cair, Ini Ciri-ciri KPM yang Menerima dan Gagal

"Ini kesempatan untuk melihat respons pengunjung terhadap produk kita, jadi manfaatkan dengan baik kesempatan ini untuk memajukan produk kita," ujarnya.

Pj Gubernur Sumsel juga menyatakan kebanggaannya, atas partisipasi Kabupaten Muba dalam rangkaian acara HUT Dekranas 2024 ini.

Dimulai dari Pameran Produk UMKM, hingga Kirab Kriya Budaya yang diikuti sebanyak 102 kendaraan hias dari 38 provinsi se-Indonesia. 

Salah seorang pengrajin kain jumputan Gambo Muba, Karnila, yang ikut serta dalam pameran mengatakan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dekranasda dan Disperindag, yang telah memberikan kesempatan pihaknya untuk ikut serta dalam pameran tingkat nasional.

BACA JUGA:SUDAH TAKDIR! 4 Weton Ini Rezekinya Terus Mengalir Sepanjang Tahun 2024

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tempat Makan di Palembang, Berikan Sensasi Makan di Atas Perahu, Tertarik Coba?

“Kami sangat senang diikutsertakan oleh Ibu Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni. 

Pameran ini bagi kami tentu sangat penting bagi kami untuk menambah wawasan dan mengembangkan industri UMKM kami,” pungkasnya.

Dalam ajang ini, Dekranasda Muba menampilkan produk unggulan masyarakat Bumi Serasan Sekate yakni Gambo Muba.

Kain khas Muba itu dikemas menarik dalam berbagai produk fashion seperti baju, tas, sajadah, sepatu, cangkir, dan selendang.

BACA JUGA:4 Playground Terbaik di Bandung, Nomor 4 Tempat Melatih Motorik Anak

BACA JUGA:Anak Muda di OKI Dibekali Keterampilan Kerja, Ini Harapan Pemerintah Daerah

Produk Gambo Muba dibawah binaan Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi, dalam even nasional ini terbukti menarik minat banyak pengunjung dan antusiasme membeli produk Gambo Muba.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah yang juga Ketua Harian Dekranasda Muba, mengatakan bahwa gelaran produk Gambo Muba dalam skala nasional kali ini merupakan bagian dari promosi yang dilakukan Pemkab Muba.

Gelaran ini sekaligus membantu para perajin Gambo Muba memasarkan karya mereka. 

Lewat event seperti ini, kata Azizah, pemerintah mendorong perajin Gambo Muba terus meningkatkan kualitas produksi serta memperkaya kreativitas produk.

BACA JUGA:PSSI Gaet KNVB, Timnas Indonesia Agendakan Ujicoba Lawan Belanda

BACA JUGA:Polda Sumsel Musnahkan Barang Bukti 432 Kg Mie Kuning Berformalin

Baik dari sisi pengembangan motif maupun varian produk turunan kerajinan lainnya.

"Alhamdulillah, stand kita ramai dikunjungi, lebih dari seratus pengunjung setiap harinya, semuanya tertarik pada produk Gambo Muba," kata Azizah, Rabu 15 Mei 2024.  

Dikatakannya, dalam even ini Dekranasda Muba turut serta memboyong para pengrajin untuk membawa langsung produk-produk mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba