Honda

Jemaah Haji Kloter 7 Palembang Terbang Menuju Madinah Dini Hari, Kloter 8 Masuk Asrama Haji

Jemaah Haji Kloter 7 Palembang Terbang Menuju Madinah Dini Hari, Kloter 8 Masuk Asrama Haji

Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan memberikan pengarahan kepada jemaah haji kloter 7 Embarkasi Palembang yang akan berangkat menuju Madinah, Selasa 21 Mei 2024--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sebanyak 450 jemaah haji kloter 7 Embarkasi Palembang diterbangkan dari Bandara SMB II Palembang menuju Madinah, Selasa 21 Mei 2024 dinihari WIB.

Keberangkatan jemaah asal Kota Palembang ini dilepas Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan, beberapa jam sebelum terbang. 

Hadir dalam acara pelepasan, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil, Kepala Kantor Kemenag Kota Palembang Yeri Taswin, Direktur PT Swarna Dwipa selaku pengelola Asrama Haji Sumsel, Rebo Iskandar Pohan, Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI Eddy Mawardi, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Emmilya Rosa, serta unsur PPIH Embarkasi Palembang. 

Dalam sambutannya, Kakanwil berpesan agar jemaah menjaga kekompakan selama di tanah suci. Jemaah juga diminta saling toleransi dan membantu.

BACA JUGA:128 Ribu Jemaah Haji Reguler 2024 Dapat Layanan Fast Track dari 3 Bandara

BACA JUGA:Hari Ini, Jemaah Haji Kloter 1 Palembang Bertolak dari Madinah Menuju Mekkah

Jemaah usia muda hendaknya mendahulukan dan membantu jemaah lanjut usia. Syafitri juga berpesan agar jemaah menjaga kondisi fisiknya mengingat cuaca di Saudi saat ini dalam kondisi panas, menembus 40 derajat celcius lebih.

“Perbanyak minum air putih, jangan menunggu haus baru minum. Kurangi aktivitas di luar hotel yang mengakibatkan terpapar langsung sinar matahari,” pesan Syafitri. 

Sementara itu, Kepala Bidang PHU Armet Dachil menjelaskan, dengan keberangkatan kloter 7, Embarkasi Palembang saat ini telah memberangkatkan 3.141 jemaah haji, dengan rincian Sumsel 1.998 orang, Babel 1.108, dan 35 petugas kloter.

Jemaah kloter 1 saat ini sudah berada di Mekkah dan melaksanakan umroh wajib.

BACA JUGA:Masyaa Allah, Tahun Ini Jemaah Haji Bisa Menyaksikan Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Kapan Waktunya?

BACA JUGA:Ulama Saudi Keluarkan Fatwa tentang Izin Haji, Ini Poin Pentingnya

Berikutnya, giliran jemaah kloter 2 yang akan bertolak menuju Mekkah setelah menjalani ibadah arbain di Madinah selama delapan hari.

 Di Mekkah nanti, jemaah Embarkasi Palembang seluruhnya akan ditempatkan di Wilayah Jarwal. 

Alhamdulilah sesuai dari kontrak dari tim akomodasi di tanah suci Embarkasi Palembang seluruhnya ditempatkan di Jarwal. Wilayah ini lokasinya paling dekat dengan Masjidil Haram,” terang Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil.

Mengingat cuaca di Saudi yang menembus 40 derajat, Armet menghimbau agar jemaah sering minum air putih setiap jamnya agar terhindar dari dehidrasi.

“Kami berharap jemaah haji mengurangi aktifitas di luar hotel. Perbanyak istirahat, minum yang cukup, jangan menunggu haus baru minum,” pesannya.

BACA JUGA:Cuaca Madinah Panas, Jemaah Haji Embarkasi Palembang Diminta Hemat Energi

BACA JUGA:Cuaca Terik, Petugas Haji Siap Berjaga 24 Jam di Nabawi untuk Membantu Para Jemaah Indonesia

Jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang sudah berada di Madinah selama 9 hari, mulai hari ini secara bertahap diberangkatkan ke Makkah Al-Mukarramah untuk melaksanakan umrah wajib. Sebelumnya. 

“Tercatat ada 3.425 jemaah yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama yang diberangkatkan ke Makkah menggunakan bus,” kata Tim Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda saat membacakan keterangan resmi Kementerian Agama di Jakarta.

“Bus akan tiba di hotel empat jam sebelum keberangkatan ke Makkah, sehingga jemaah diminta mempersiapkan diri menyesuaikan waktu keberangkatan,” sambungnya.

Karena bus yang membawa jemaah hanya diizinkan berhenti 15-30 menit di Bir Ali, Jemaah haji, Widi mengimbau, agar memakai kain ihram, mandi, dan berwudu dari hotel masing-masing untuk menghemat waktu.

BACA JUGA:Jemaah Haji Indonesia Akan Gunakan Smartcard untuk Akses Armuzna, Ini Sanksinya Kalau Hilang

BACA JUGA:70 Persen Calon Jemaah Haji Kloter 4 Palembang Resiko Tinggi, Berasal dari Provinsi Bangka Belitung

Selanjutnya, jemaah tinggal salat sunnah dan niat umrah di Bir Ali.

“Bagi jemaah yang sedang dalam kondisi kurang sehat, jemaah lansia dan disabilitas disarankan untuk tidak turun dari bus. Niat umrah bisa dilakukan di atas kendaraan saat tiba di Bir Ali,” katanya.

Sementara itu, sebanyak 450 jemaah kloter 7 Embarkasi Palembang pagi tadi telah tiba di asrama haji untuk mengikuti proses karantina sebelum diberangkatkan menuju Madinah pada Selasa 21 Mei 2024 besok pukul 03:30 WIB.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, ada 418 jemaah yang masuk kategori resiko tinggi (risti) dengan rincian 248 risti penyakit, dua orang risti usia, serta 168 jemaah risti penyakit dan usia.

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: